Tempat Wisata Jawa Timur yang Bisa Dijadikan Liburan Bersama Keluarga

Tempat Wisata Jawa Timur yang Bisa Dijadikan Liburan Bersama Keluarga

Tempat Wisata Jawa Timur yang Bisa Dijadikan Liburan Bersama Keluarga - Desa wisata adalah suatu bentuk integrasi antara atraksi, akomodasi dan fasilitas pendukung yang disajikan dalam suatu struktur kehidupan masyarakat yang menyatu dengan tata cara dan tradisi yang berlaku. Kampung wisata merupakan suatu kawasan yang sudah direncanakan untuk dikunjungi wisatawan dengan mengusung dua komponen utama, yaitu akomodasi dan atraksi. Desa wisata yaitu terpenuhinya semua unsur wisata yang memiliki potensi daya tarik. Di antaranya wisata alam, wisata budaya, dan wisata hasil buatan manusia dalam satu kawasan tertentu dengan didukung oleh atraksi, akomodasi, dan fasilitas lainnya. Keberadaan kampung wisata bertujuan untuk memberdayakan masyarakat dan menggali segala potensi yang ada di wilayah tempat tinggalnya untuk meningkatkan kesejahteraan. Beberapa daerah di Jawa Timur turut mewujudkan keberadaan kampung wisata, bahkan juga di selipi wisata edukasi di dalamnya. Oleh karena itu, kampung wisata ini sangat cocok di jadikan tempat family time karena bisa liburan sekaligus bisa belajar hal baru. Penasaran kampung wisata apa saja yang ada di Jawa Timur dan recommended untuk dijadikan tujuan wisata bareng keluarga? Simak artikel berikut ini, yuk!
1. Kampung Kreasi Gresik
5 Kampung Wisata di Jawa Timur ini Cocok buat Liburan Bareng Keluarga
Kampung yang berlokasi di Kelurahan Sidokumpul, Gresik ini dulunya merupakan sebuah perkampungan kumuh yang sering dipandang sebelah mata. Namun, berkat kesadaran dan kekompakan dari karang taruna setempat, di sertai adanya dukungan dari pemda, pada akhirnya kampung ini di ubah menjadi kampung yang lebih bersih, indah, asri dan nyaman. Kampung kreasi Gresik ini memanfaatkan barang-barang bekas sebagai hiasan yang di pasang di setiap sudut kampungnya. Pengunjung yang datang bisa mengikuti edukasi urban farming dan pengolahan sampah dengan sistem 3R (Reduce, Reuse, Recycle). Pengunjung juga bisa menukar sampah plastik maupun kertas dengan satu gelas kopi hitam. Cukup menarik, bukan?
2. Kampung Warna-warni Jodipan
5 Kampung Wisata di Jawa Timur ini Cocok buat Liburan Bareng Keluarga
Pelesir ke Malang tapi gak mampir ke kampung warna-warni Jodipan? Bakalan rugi banget pastinya. Kampung yang di resmikan pada 4 September 2016 ini menarkan begitu banyak spot foto unik, menarik, dan pastinya instagramable. Oh iya, jembatan kaca yang di sebutkan barusan merupakan penghubung antara kampung warna-warni dan kampung 3D, lho! Jadi, setelah puas berfoto di kampung warna-warni, kamu langsung bisa hunting spot foto lain di kampung 3D. Bakalan seru banget pokoknya!
3. Kampung Cokelat Glenmore
5 Kampung Wisata di Jawa Timur ini Cocok buat Liburan Bareng Keluarga
Membaca namanya, jangan sampai salah sangka jika kampung ini ada di luar negeri, ya. Kampung Coklat Glenmore ini ternyata ada di Banyuwangi, lho! Tepatnya di tengah perkebunan Kendeng Lembu, Kecamatan Glenmore. Di sini, pengunjung tidak hanya bisa menikmati kelezatan cokelat asli buatan Glenmore. Pengunjung juga bisa mengikuti proses pembuatannya, dari mulai mengolah biji kakao yang merupakan bahan baku pembuatan cokelat hingga menjadi cokelat siap santap. Kedua negara pembuat cokelat yang sudah sangat tersohor di dunia itu bahkan secara terang-terangan mengakui kualitas biji kakao yang di hasilkan di Glenmore. Gimana, makin bangga pastinya, kan?
4. Kampung Wisata Kungkuk
5 Kampung Wisata di Jawa Timur ini Cocok buat Liburan Bareng Keluarga
Wisata kampung Kungkuk di Kecamatan Bumiaji ini bisa di jadikan alternatif wisata saat berkunjung ke Kota Batu. Jaraknya hanya 6 km dari pusat Kota Batu, membuatnya relatif mudah untuk dijangkau. Ada beragam wisata yang di tawarkan kampung Kungkuk untuk para pengunjung yang datang di antaranya wisata petik apel, berkuda, trail adventure, camping and outbound area, hingga sekolah alam. Tak hanya itu, wisatawan juga bisa merasakan kesegaran udara dan keindahan pemandangan yang ada di kampung ini karena lokasinya yang berada di antara Gunung Panderman dan Gunung Arjuno.
5. Kampung Majapahit
5 Kampung Wisata di Jawa Timur ini Cocok buat Liburan Bareng Keluarga
Ingin berwisata sambil menambah wawasan mengenai sejarah? Kampung Majapahit tempatnya. Kampung ini berlokasi di Kecamatan Trowulan, Kabupaten Mojokerto. Mengunjungi kampung ini, kamu akan serasa di bawa pada suasana kerajaan Majapahit yang begitu kental. Desain rumah di sepanjang kanan kiri jalan di buat mirip dengan arsitektur rumah-rumah pada jaman kerajaan Majapahit dulu seperti dinding batu bata merah terbuka, bubungan berornamen lengkungan pada ujung atapnya, jendela, dan pintu rumahnya yang terbuat dari kayu yang warnanya di buat senada dengan warna dinding batu batanya. Di wisata Kampung Majapahit ini juga terdapat situs peninggalan bersejarah, antara lain Candi Brahu dan makam Raden Wijaya sang raja Majapahit. Wisatawan juga bisa belajar membatik dan juga membelinya untuk dijadikan oleh-oleh.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *