Rekomendasi Tempat Wisata Mempesona di Kabupaten Sekadau

Rekomendasi Tempat Wisata Mempesona di Kabupaten Sekadau

Rekomendasi Tempat Wisata Mempesona di Kabupaten Sekadau - Kabupaten Sekadau adalah salah satu kabupaten di Provinsi Kalimantan Barat, Indonesia. Kabupaten Sekadau merupakan daerah kecil yang memiliki potensi jalur transportasi segitiga, yakni daerah Nanga Taman dan Nanga Mahap yang berbatasan langsung dengan Kabupaten Ketapang. Kota Sekadau merupakan kota inti yang dilewati oleh jalur ke kota maupun  pedalaman, daerah Tiga Belitang berbatasan dengan Senaning, Kabupaten Sintang dan Sarawak,  Malaysia Kab Sekadau di resmikan tgl 18 Desember 2003. Dengan luas wilayah yang hanya sekitar 5.444 kilometer persegi, menjadikan Kabupaten Sekadau sebagai salah satu daerah kecil di Provinsi Kalimantan Barat. Namun, jangan salah. Potensi wisata di Sekadau yang mayoritas penduduknya adalah Suku Dayak ini sangat melimpah, lho. Bahkan hanya beberapa tempat wisata saja yang baru diketahui oleh wisatawan.
1. Air Terjun Semirah Putih
5 Tempat Wisata Memukau di Sekadau-Kalbar yang Pesonanya Bikin Kagum
Terletak di bukit dengan ketinggian mencapai 100 mdpl membuat rute untuk mencapai lokasi ini tidak mudah. Kamu diharuskan melewati hutan rimba dengan jalan setapak yang licin, terjal, dan berkelok. Aliran Air Terjun Semirah Putih sangat deras melewati tebing batu yang cukup tinggi. Airnya berwarna jernih dan terasa menyegarkan saat cipratannya mengenai tubuh. Lokasi: Dusun Belandong, Desa Tinting Boyok, Kecamatan Sekadau Hulu, Kabupaten Sekadau.
2. Air Terjun Semirah Merambang
5 Tempat Wisata Memukau di Sekadau-Kalbar yang Pesonanya Bikin Kagum
Untuk bisa mencapai lokasi Air Terjun Semirah Merambang kamu harus berjalan kaki selama 1 hingga 2 jam melewati hutan belantara. Tapi, tak perlu risau sebab lelahmu akan terbayar dengan suguhan pemandangan yang membuat berdecak kagum. Keunikan Air Terjun Semirah Merambang adalah airnya tetap mengalir tiada henti meskipun telah tiba musim kemarau. Derasnya aliran air membuat bentuk Air Terjun Semirah Merambang terlihat seperti shower alami. Lokasi: Dusun Belandong, Desa Tinting Boyok, Kecamatan Sekadau Hulu, Kabupaten Sekadau.
3. Danau Simpi
5 Tempat Wisata Memukau di Sekadau-Kalbar yang Pesonanya Bikin Kagum
Danau Simpi memiliki air yang jernih dan berwarna biru kehijauan atau toska. Dan Danau ini di kelilingi oleh pepohonan yang cukup lebat. Pemandangan Danau Simpi sangat indah. Terlebih lagi saat senja tiba dengan langit yang berwarna jingga keemasan, membuat pesonanya semakin eksotis. Tak heran jika Danau Simpi kerap dijadikan sebagai lokasi pengambilan foto prewedding. Lokasi: Desa Sungai Ayak Dua, Kecamatan Belitang Hilir, Kabupaten Sekadau.
4. Batu Tinggi
5 Tempat Wisata Memukau di Sekadau-Kalbar yang Pesonanya Bikin Kagum
Keunikan dari tempat wisata ini adalah hanya dapat di nikmati ketika musim kemarau saja. Pasalnya tempat wisata yang di beri nama Batu Tinggi oleh masyarakat setempat tersebut menyuguhkan bebatuan besar di tengah-tengah sungai yang tentu saja tidak akan terlihat saat musim hujan karena tertutup oleh debit air yang tinggi. Berdiri di atas Batu Tinggi, kamu berkesempatan untuk menyaksikan pemandangan alam sekitar yang menyejukkan mata, terlebih lagi saat senja tiba. Lokasi: Desa Tanjung, Kecamatan Sekadau Hilir, Kabupaten Sekadau.
5. Air Terjun Nokan Cicak
5 Tempat Wisata Memukau di Sekadau-Kalbar yang Pesonanya Bikin Kagum
Air Terjun Nokan Cicak memiliki ketinggian sekitar 10 meter. Tapi, meskipun ukurannya tidak terlalu luas, pemandangan yang di suguhkan tak kalah memesona dengan tempat wisata lain yang ada di Sekadau. Terlebih lagi akses jalan untuk menuju ke Air Terjun Nokan Cicak tidaklah sulit. Warna air terjunnya sangat jernih dan menyegarkan. Tepat di bawahnya terdapat sebuah kolam yang ukurannya cukup luas. Tentu saja hal ini membuat siapa saja tak sabar untuk segera menceburkan diri dan berenang di sana. Lokasi : Desa Kemangai, Kabupaten Sekadau. Keindahan tempat wisata yang di miliki oleh Kabupaten Sekadau memang tiada duanya dan mampu membuat banyak orang betah berlama-lama berlibur ke tempat ini. Semoga informasi di atas bermanfaat dan selamat berlibur bagi kamu yang ingin mengunjunginya! Batas wilayah Kabupaten Sekadau terdiri dari: " Sebelah Barat berbatasan dengan Kabupaten Sanggau " Sebelah Timur berbatasan dengan Kabupaten Sintang " Sebelah Utara berbatasan dengan Kabupaten Sintang " Sebelah Selatan berbatasan dengan Kabupaten Ketapang Kabupaten Sekadau yang beribu kota di Sekadau memiliki luas 5.444,30 Km² atau 3,71% dari luas wilayah Provinsi Kalimantan Barat, yang terbagi dalam 76 Desa dan 7 Kecamatan diantaranya Kecamatan Nanga Mahap, Kecamatan Nanga Taman, Kecamatan Sekadau Hulu, Kecamatan Sekadau Hilir, Kecamatan Belitang Hilir, Kecamatan Belitang dan Kecamatan Belitang Hulu. Komoditas unggulan Kabupaten Sekadau yaitu sektor perkebunan, pertanian dan jasa. Sektor Perkebunan komoditas unggulannya adalah Kelapa Sawit, Kakao, Karet, Kopi, Kelapa, dan Lada. Sub sektor Pertanian komoditas yang di unggulkan berupa Jagung, Ubi Jalar, dan Ubi Kayu. sub sektor jasa Pariwisatanya yaitu wisata alam.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *