Lima Wisata Ikonik yang Wajib Dikunjungi Saat di Probolinggo

Lima Wisata Ikonik yang Wajib Dikunjungi Saat di Probolinggo

Lima Wisata Ikonik yang Wajib Dikunjungi Saat di Probolinggo - Kota Probolinggo adalah sebuah kota di Provinsi Jawa Timur, Indonesia. Terletak sekitar 100 km sebelah tenggara Surabaya, Probolinggo merupakan salah satu daerah di Jawa Timur yang memiliki beragam jenis tempat wisata, mulai dari gunung, danau, pantai, air terjun, hingga museum. Kota Probolinggo berbatasan dengan Selat Madura di sebelah utara, serta Kabupaten Probolinggo di sebelah timur, selatan, dan barat. Probolinggo merupakan kota terbesar keempat di Jawa Timur setelah Surabaya, Malang, dan Kediri. Tak heran jika banyak wisatawan domestik maupun mancanegara yang memilih Probolinggo sebagai destinasi liburannya. Dari sekian banyak tempat wisata di Probolinggo, ada 5 yang ikonik dan wajib dikunjungi saat berada di Probolinggo. Penasaran apa saja tempat wisatanya? Yuk, simak artikel berikut ini!
1. Gunung Bromo
5 Tempat Wisata Ikonik di Probolinggo, Ada Museum Rasulullah!
Akan rugi kiranya saat di Probolinggo tapi tidak sempat mengunjungi Gunung Bromo. Gunung Bromo sudah sejak lama menjadi tempat wisata andalan bagi Probolinggo. Hal tersebut karena Gunung Bromo memiliki keindahan alam dan kekayaan budaya yang luar biasa sehingga mampu menarik banyak wisatawan untuk mengunjunginya. Saat mengunjungi Gunung Bromo, kamu bisa melakukan beragam jenis aktivitas seru yang dijamin gak akan terlupakan seperti melihat sunrise, menaiki kuda di tengah luasnya pasir berbisik, mendaki Gunung Bromo, berfoto di spot-spot yang instagramable, camping, dan masih banyak lagi. Jangan lupa mengenakan jaket tebal, kaos kaki dan sarung tangan ya saat ke Bromo! Biar gak kedinginan sehingga liburanmu akan terasa lebih nyaman.
2. Air Terjun Madakaripura
5 Tempat Wisata Ikonik di Probolinggo, Ada Museum Rasulullah!
Setelah puas menikmati Gunung Bromo, cobalah untuk mampir mengunjungi Air Terjun Madakaripura. Air terjun yang terletak di Desa Sapih, Kecamatan Lumbang ini berjarak sekitar 30 km dari Gunung Bromo atau sekitar 33 km dari pusat Kota Probolinggo. Air Terjun Madakaripura memiliki ketinggian sekitar 200 m dengan dinding melingkar dan tebing di sekitarnya yang banyak ditumbuhi lumut, membuatnya tampak begitu indah dan asri. Udara di sekitarnya begitu sejuk karena lokasinya yang berada pada ketinggian 1000 mdpl. Hanya dengan membayar tiket masuk seharga Rp11 ribu, kamu sudah bisa menyaksikan keindahan dan merasakan kesegaran air terjun yang begitu menawan ini.
3. Gili Ketapang
5 Tempat Wisata Ikonik di Probolinggo, Ada Museum Rasulullah!
Gili Ketapang merupakan sebuah Pulau yang terletak di utara Probolinggo, tepatnya di Kecamatan Sumberasih. Akses menuju Gili Ketapang cukup mudah. Dari Kota Probolinggo, kamu bisa menuju Pelabuhan Tanjung Tembaga. Di sana terdapat beberapa kapal yang akan mengantarkanmu menuju Gili Ketapang dengan durasi perjalanan selama 40 menit. Harga sewa kapalnya cukup murah, yaitu cuma Rp10 ribu.
Sesampainya di Gili Ketapang, kamu akan di sambut dengan pemandangan sekitar yang begitu eksotis. Gili Ketapang memiliki pemandangan bawah laut yang begitu memukau, tak kalah dengan gili yang ada di Lombok. Untuk mengeksplorasi keindahan bawah lautnya, kamu bisa melakkan snorkeling dengan peralatan yang bisa di sewa pada warga setempat. Selain itu, kamu juga bisa memancing dan bermain wahana banana boat selama berada di sana. Benar-benar recommended banget deh untuk di kunjungi.
4. Pantai Bentar
5 Tempat Wisata Ikonik di Probolinggo, Ada Museum Rasulullah!
Alternatif wisata bernuansa laut yang bisa kamu pilih selain Gili Ketapang adalah Panti Bentar. Pantai Bentar terletak di Desa Curahsawo, Kecamatan Gending, Kabupaten Probolinggo. Ada banyak daya tarik yang di miliki Pantai Bentar sehingga membuat wisatawan memilihnya untuk di jadikan tempat menghabiskan liburan di antaranya yaitu pesona jembatan kayu yang bercabang-cabang di atas laut, spot menikmati sunrise dan sunset yang memukau, wahana bermain anak, dan berbagai fasilitas pelengkap lainnya. Namun, ada satu kegiatan yang wajib kamu coba saat mengunjungi Pantai Bentar, yaitu  menyaksikan ikan hiu tutul dari dekat. Dengan menyewa perahu seharga Rp15 ribu, kamu dan beberapa wisatawan lain akan di antar menuju spot ikan hiu tutul biasa berkumpul. Liburanmu di jamin bakalan seru banget, deh!
5. Museum Rasulullah
5 Tempat Wisata Ikonik di Probolinggo, Ada Museum Rasulullah!
Mungkin tak banyak orang yang baru tahu kalau di Probolinggo ada Museum Rasulullah. Museum yang berlokasi di Pusat Kota Probolinggo ini baru di buka pada bulan Oktober 2020. Museum Rasulullah memiliki koleksi barang-barang peninggalan Rasulullah dan para sahabat, seperti sandal, rambut, jenggot, surban, pedang, dll. Selain itu, juga ada beberapa barang peninggalan Turki Usmani yang di pajang di sini. Museum Rasulullah di buka setiap hari mulai pukul 09:00 sampai 20:30 WIB dengan harga tiket masuk sebesar Rp50 ribu. Keberadaan Museum Rasulullah seakan menjadi magnet baru yang mampu menarik lebih banyak wisatawan untuk berkunjung ke Probolinggo.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *