Lima Tips Menghemat Budget Kuota Internet Bulanan saat WFH

Lima Tips Menghemat Budget Kuota Internet Bulanan saat WFH

Lima Tips Menghemat Budget Kuota Internet Bulanan saat WFH - Kuota internet merupakan batasan pemakaian internet pada waktu tertentu seperti contohnya kuota internet lokal yang dibeli sebesar 1 GB selama 1 bulan. Tak bisa dipungkiri, internet kini menjadi salah satu kebutuhan dasar bagi millennial dan Gen Z. Setiap bulannya, kamu wajib mengalokasikan sebagian uang belanja untuk membeli kuota. Kerja jarak jauh (bahasa Inggris: work from home/WFH) adalah model atau perjanjian kerja di mana karyawan memperoleh fleksibilitas bekerja dalam hal tempat dan waktu kerja dengan bantuan teknologi telekomunikasi. Terlebih di masa pandemi ini, di mana pengeluaran kuota bisa semakin besar demi mengakomodasi aktivitas work from home maupun belajar dari rumah. Jika pemakaian internet gak terkontrol, pengeluaran bulananmu untuk membeli kuota akan semakin membengkak. Oleh karena itu, Dilansir dari IDN Poker77 kamu perlu melakukan berbagai langkah untuk menjaganya agar tetap wajar. Ini dia beberapa cara yang bantu kamu menghemat budget internet selama di rumah!
1. Pertimbangkan untuk memasang Wi-Fi 
5 Cara Menghemat Budget Kuota Internet Bulanan saat WFH, Anti Boros! 
Jika seluruh anggota keluarga di rumah memanfaatkan internet setiap harinya, coba deh hitung total pengeluaran bulanan untuk kuota kalian. Lalu, coba deh bandingkan dengan biaya jika pasang Wi-Fi di rumah. Kalau memang biayanya gak jauh berbeda, gak ada salahnya mempertimbangkan memasang Wi-Fi, biar internetan lebih puas dan tetap hemat!
2. Pakai provider internet yang murah tapi dapat diandalkan
5 Cara Menghemat Budget Kuota Internet Bulanan saat WFH, Anti Boros! 
Terkadang, memasang Wi-Fi tidak bisa di jadikan opsi, misalnya ketika tempat tinggalmu belum terjangkau jaringan Wi-Fi atau ketika penggunaan kuota ternyata tidak terlalu banyak. Jika begitu, memilih provider seluler yang tepat adalah kunci agar budget tetap terkendali. Hindari memilih provider yang asal murah. Jaringannya juga harus bisa di andalkan, dong! Coba bandingkan cost per use antara provider yang satu dan yang lainnya. Pilih yang biaya per gigabyte-nya paling murah dengan jaringan yang paling kencang. Selain itu, pilih kuota yang tidak di bagi-bagi, biar gak mubazir.
3. Pantau berapa pemakaian kuotamu setiap bulan
5 Cara Menghemat Budget Kuota Internet Bulanan saat WFH, Anti Boros! 
Smartphone milikmu mampu merekam pemakaian kuota setiap bulannya. Informasi ini biasanya terdapat pada menu Data Usage di pengaturan Android, atau menu Cellular di iOS. Di sana, kamu dapat mengetahui jumlah penggunaan kuota secara keseluruhan–termasuk untuk Hotspot, serta penggunaan kuota masing-masing aplikasi. Berdasarkan informasi ini, kamu pun dapat memperkirakan berapa kebutuhan kuota setiap bulannya.
4. Hapus aplikasi yang jarang kamu pakai dan batasi penggunaannya  
5 Cara Menghemat Budget Kuota Internet Bulanan saat WFH, Anti Boros! 
Suatu aplikasi ternyata gak cuma menyedot kuota saat di gunakan, banyak juga yang tetap memakai internet selama di background. Oleh karena itu, sebaiknya hapus saja aplikasi yang memang jarang kamu pakai. Selain itu, pemakaian aplikasi favorit juga bisa di batasi lewat fitur Digital Wellbeing di beberapa merk smartphone Android. Fitur ini membantu kamu menerapkan batas pemakaian wajar suatu aplikasi dalam sehari.
5. Maksimalkan fitur penghemat kuota internet di ponselmu 
5 Cara Menghemat Budget Kuota Internet Bulanan saat WFH, Anti Boros! 
Untuk melengkapi langkah-langkah di atas, ada berbagai cara menghemat kuota yang perlu di manfaatkan agar internetan makin irit. Antara lain, seperti mengatur limit kuota, membatasi background data yang di gunakan oleh aplikasi di ponselmu, mematikan fitur update otomatis, serta mematikan fitur auto-sync. Selain itu, kamu juga bisa mematikan fitur auto-download media pada WhatsApp, menggunakan lite mode di Chrome, menyalakan fitur data saver, hingga menggunakan aplikasi penghemat kuota dari pihak ketiga.
 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *