Lima Pantai Terbaik di Yogyakarta yang Cocok Dijadikan Buat Menginap

Lima Pantai Terbaik di Yogyakarta yang Cocok Dijadikan Buat Menginap

Lima Pantai Terbaik di Yogyakarta yang Cocok Dijadikan Buat Menginap - Pantai atau  pesisir adalah sebuah bentuk geografis yang terdiri dari pasir, dan terdapat di daerah pesisir laut. Daerah pantai menjadi batas antara daratan dan perairan laut. Liburan ke pantai tentunya sudah menjadi hal biasa. Jika ingin coba pengalaman lain menikmati pantai, cobalah sesekali untuk camping di pantai. Kawasan pantai berbeda dengan pesisir walaupun antara keduanya saling berkaitan. Panjang garis pantai ini diukur mengeliling seluruh pantai yang merupakan daerah teritorial suatu negara. Sebab menginap di pantai akan memberikan pengalaman liburan yang semakin menyatu dengan alam. Jika kamu sedang di Yogyakarta dan ingin mencoba camping di pantai, berikut ini adalah 5 pantai terbaik di Yogyakarta untuk camping yang bisa kamu coba.
1. Pantai Sedahan
5 Pantai Terbaik di Yogyakarta yang Cocok untuk Camping, Aman!
Pantai Sedahan memiliki area yang cukup luas sehingga cocok dijadikan lokasi untuk berkemah. Keindahan pantainya pun tidak perlu diragukan lagi. Terdapat tebing karang pada sisi kanan dan kiri pantai yang seolah menjadi gerbang dari ombak laut. Saat malam hari tiba, kamu dapat melihat gugusan bintang sambil bermain gitar bersama orang-orang terkasih. Tiket retribusi untuk masuk ke Pantai Sedahan cukup terjangkau yakni sebesar Rp5.000 per orang. Selain itu terdapat biaya tambahan parkir yaitu Rp3.000 untuk sepeda motor dan Rp5.000 untuk mobil.
2. Pantai Ngrawah
5 Pantai Terbaik di Yogyakarta yang Cocok untuk Camping, Aman!
Mungkin sebagian besar masih belum familiar dengan nama Pantai Ngrawah. Lantaran pantai ini letaknya cukup tersembunyi di balik ladang dan persawahan milik warga, sehingga belum banyak pengunjung yang singgah. Berkemah di pantai ini menjadi pengalaman berbeda karena sepi pengunjung dan jauh dari keramaian sehingga akan terasa seperti berkemah di pantai pribadi. Jika ingin berkmah di pantai ini, kamu harus menyiapkan perlengkapan dan logistik mandiri karena tidak tersedia penjual di sekitar pantai. Untuk masuk ke pantai ini kamu di kenakan biaya sebesar Rp10.000 yang di bayarkan di pos retribusi. Sedangkan untuk parkir kendaraan, biayanya sebesar Rp3.000 untuk motor dan Rp5.000 untuk mobil.
3. Pantai Ngrumput
5 Pantai Terbaik di Yogyakarta yang Cocok untuk Camping, Aman!
Seperti pada umumnya pantai Gunung Kidul lainnya, Pantai Ngrumput memiliki hamparan pasir putih yang bersih dan halus. Pantai ini memiliki bibir pantai yang panjang dengan area yang lebar. Pada sebelah timur terdapat Bukit Kosakora yang dapat di gunakan untuk melihat pantai dan laut. Selain itu, kamu juga bisa menyaksikan sunrise dan sunset lho! Tak salah bahwa pantai ini menjadi salah satu pantai terbaik untuk camping. Apabila kamu tidak sempat menyiapkan perlengkapan kemah, tidak perlu khawatir karena terdapat penyewaan tenda di sekitar pantai. Selain itu terdapat penjual makanan apabila kamu di landa kelaparan.
4. Pantai Jungwok
5 Pantai Terbaik di Yogyakarta yang Cocok untuk Camping, Aman!
Pantai Jungwok merupakan pantai di Gunung Kidul yang memiliki garis pantai melengkung. Pesona lain yang di miliki pantai ini adalah terdapat sebuah pulai kecil di tengah laut yang dapat kamu gunakan sebagai objek fotografi atau background selfie. Pantai Jungwok memiliki area yang cukup luas. Kamu dapat memilih berbagai area untuk mendirikan tenda. Saat malam hari, angin yang berhembus cukup dingin. Menyalakan api unggun sambil memanggang jagung bersama teman-teman merupakan pilihan tepat. Pantai Jungwok terletak di Desa Jepitu, Kecamatan Girisubo, Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Jarak yang harus di tempuh dari pusat kota Yogyakarta terbilang cukup jauh yaitu sekitar 78 km. Namun semua akan terbayarkan ketika sudah tiba di lokasi.
5. Pantai Kesirat
5 Pantai Terbaik di Yogyakarta yang Cocok untuk Camping, Aman!
Tidak seperti pantai pada umumnya, Pantai Kesirat merupakan pantai yang tidak memiliki pasir di karenakan lokasinya berada di atas tebing. Namun hal itu bukan berarti bahwa pantai ini tidak menarik untuk dikunjungi. Jika kamu ingin berkemah di pantai ini, datanglah pada saat hari masih terang. Setelah mendirikan tenda, duduk santai mendengarkan debur ombak menghantam tebing sambil menunggu matahari tenggelam merupakan momen terbaik. Keindahannya tidak ada duanya. Oleh karena itu, pantai ini wajib masuk daftar pantai untuk kegiatan camping kamu. Kamu harus berkendara menempuh jarak 44 km untuk ke Pantai Kesirat jika dari pusat Kota Jogja. Untuk masuk ke pantai ini kamu di pungut biaya sebesar Rp5.000 per orang. Selain itu di kenakan biaya parkir sebesar Rp3.000 untuk motor dan Rp5.000 untuk mobil.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *