Lima Destinasi Wisata yang Bisa Kamu Nikmati di Tabalong

Lima Destinasi Wisata yang Bisa Kamu Nikmati di Tabalong

Lima Destinasi Wisata yang Bisa Kamu Nikmati di Tabalong - Kabupaten Tabalong adalah salah satu kabupaten yang berada di provinsi Kalimantan Selatan, Indonesia. Ibu kota kabupaten ini terletak di kecamatan Tanjung. Bukan hal baru jika banyak orang menjadikan Pulau Kalimantan sebagai destinasi wisata dalam negeri impian mereka. Kabupaten Tabalong memiliki luas wilayah 3.767,00  km², berpenduduk sebanyak 218.954 jiwa hasil Sensus Penduduk Indonesia 2010). Pasalnya, pulau terbesar di Indonesia itu memiliki budaya yang beragam dan potensi alam luar biasa yang terdiri dari dataran rendah penuh lahan-lahan gambut dan rawa serta dataran tinggi berupa hutan tropis yang dilindungi pemerintah. Salah satu daerah yang turut memiliki pesona tersebut adalah Kabupaten Tabalong yang terletak di Provinsi Kalimantan Selatan. Kabar baiknya adalah kamu bisa menikmati keindahan Kabupaten Tabalong secara langsung dengan mengunjungi 5 destinasi wisata berikut ini. Penasaran ada apa saja? Yuk simak!
1. Tugu Obor Api
5 Wisata Terbaik di Tabalong, Kalsel yang Bikin Liburan Makin Seru!
Berkunjung ke Tabalong kurang lengkap rasanya jika tak mampir ke Tugu Obor Api. Tugu ini merupakan monumen yang juga dikenal sebagai api abadi dari Tabalong. Apinya berasal dari gas alam yang disalurkan melalui eksplorasi minyak pertamina. Di puncak monumen terdapat bentuk menyerupai kelopak bunga yang oleh masyarakat sekitar dianggap sangat sakral. Lokasi: Mabuun, Kecamatan Murung Pudak, Kabupaten Tabalong.
2. Masjid Pusaka Banua Lawas
5 Wisata Terbaik di Tabalong, Kalsel yang Bikin Liburan Makin Seru!
Adanya Masjid Pusaka Banua Lawas merupakan bukti sejarah di terimanya Islam oleh Suku Dayak Maanyan. Di kenal juga dengan nama Masjid Pasr Arba karena pada hari Arba (Rabu) jumlah pengunjung atau peziarahnya membludak. Di dalam masjid terdapat peninggalan dua tajau (guci) yang usianya telah mencapai 400 tahun tapi tidak megalami perubahan warna sama sekali. Biasanya sepulang dari masjid, para peziarah akan pulang membawa air yang berasal dari dalam tajau tesebut. Sementara itu, di sebelah masjid terdapat makam warga sejak zaman dahulu. Di sini juga merupakan tempat di makamkannya pejuang Banjar bernama Penghulu Rasyid. Lokasi: Sei Anyar, Habau, Kecamatan Banua Lawas, Kabupaten Tabalong.
3. Air Terjun Tangkum
5 Wisata Terbaik di Tabalong, Kalsel yang Bikin Liburan Makin Seru!
Pesona Air Terjun Tangkum yang indah menjadikannya sebagai tempat wisata favorit masyarakat setempat. Untuk bisa sampai ke sini kamu harus melalui jalan setapak yang di sebelah kanan dan kirinya di tumbuhi pohon karet dan pohon bambu. Air terjunnya sangat jernih dan menyegarkan. Udaranya pun begitu sejuk nan asri karena di kelilingi oleh pepohonan yang lebat. Suasananya juga tenang karena belum banyak memiliki pengunjung. Lokasi: Desa Panaan, Kecamatan Bintang Ara, Kabupaten Tabalong.
4. Goa Liang Tapah
5 Wisata Terbaik di Tabalong, Kalsel yang Bikin Liburan Makin Seru!
Seperti yang sudah di jelaskan sebelumnya bahwa Tabalong memiliki pesona alam yang luar biasa. Salah satu buktinya bisa kamu lihat pada kemegahan Goa Liang Tapah. Kamu akan di manjakan dengan ruangan di dalam goa yang cukup luas dengan ukiran mengagumkan dari stalakmit dan stalaktit di langit-langit gua serta adanya sumber mata air yang akan terlihat sangat hijau ketika terpapar sinar matahari yang masuk ke dalam goa. Sangat di sarankan jika ingin menyusuri goa kamu harus menggunakan jasa pemandu wisata dan datang di saat pagi hari. Sebab menurut informasi warga setempat, di goa ini adalah tempat tinggalnya ikan tapah yang berbahaya. Lokasi: Desa Garagata, Kecamatan Jaro, Kabupaten Tabalong.
5. Air Terjun Riam Mambanin
5 Wisata Terbaik di Tabalong, Kalsel yang Bikin Liburan Makin Seru!
Selain Air Terjun Tangkum, ada satu lagi air terjun yang sajikan pemandangan memukau di Tabalong, yakni Air Terjun Riam Mambanin. Lokasi air terjun di kelilingi rimbunnya pohon-pohon hijau membuat udara sangat sejuk. Air terjunnya mengalir melewati batu-batu yang membentuk riam-riam kecil. Warna airnya pun jernih dan sangat bersih. Kamu pun bebas bermain air sesukamu di sini. Lokasi: Desa Marindi, Kecamatan Haruai, Kabupaten Tabalong.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *