Lima Batu Unik di Sumatra Barat yang Menjadi Objek Wisata

Lima Batu Unik di Sumatra Barat yang Menjadi Objek Wisata

Lima Batu Unik di Sumatra Barat yang Menjadi Objek Wisata - Sumatra Barat adalah sebuah provinsi di Indonesia yang terletak di Pulau Sumatra beribu kota Padang. Sumatera Barat memang terkenal dengan objek wisatanya yang melimpah. Dari mulai wisata alam hingga wisata kulinernya, keduanya sama-sama menarik perhatian. Provinsi Sumatra Barat terletak sepanjang pesisir barat Sumatra bagian tengah, dataran tinggi Bukit Barisan di sebelah timur, dan sejumlah pulau di lepas pantainya seperti  Kepulauan Mentawai. Para wisatawan tak perlu merogoh kocek dalam-dalam untuk berwisata di sana. Karena mayoritas objek wisata ini tak mengeluarkan banyak biaya. Di antara objek wisata yang ditawarkan, ada beberapa objek wisata yang menampilkan batu sebagai objek utama mereka. Batu-batu ini bukan batu biasa, mereka tampil dengan cerita dan keunikannya sendiri. Bahkan ada mitos dan sejarah yang tersimpan di baliknya, seperti lima batu unik di bawah ini.
1. Batu Batikam
5 Objek Wisata di Sumatra Barat ini Terbuat dari Batu, Unik Memesona!
Batu yang terletak di Jorong Dusun Tuo, Nagari Lima Kaum, Kabupaten Tanah Datar ini memiliki hubungan yang erat dengan sejarah masyarakat Minangkabau. Batu ini adalah simbol perdamaian antara Datuk Perpatih Nan Sabatang dan Datuk Ketumanggungan. Mereka adalah pendiri dua keselarasan, yaitu keselarasan Bodi Caniago dan Koto Piliang. Keduanya adalah kakak adik. Namun masing-masing Datuk memiliki aturannya dan pemahamannya sendiri. Perbedaan inilah yang sempat menimbulkan kesalah pahaman di antara keduanya. Untuk menghindari pertumpahan darah antar saudara, mereka akhirnya menikamkan keris saktinya ke sebuah batu. Batu inilah yang sekarang dikenal dengan nama Batu Batikam.
2. Batu Angkek Angkek 
5 Objek Wisata di Sumatra Barat ini Terbuat dari Batu, Unik Memesona!
Jika melihat ukuran pada foto di atas, mungkin kamu berpikir kalau batu ini bisa diangkat dengan mudah. Tapi jangan salah, tidak semua orang dapat mengangkatnya, bahkan jika kamu memiliki badan yang kekar. Ada ritual khusus yang harus dilakukan sebelum mengangkat batu yang berada di Nagari Balat Tabuh, Sungayang, Tanah Datar, Batusangkar ini. Orang yang ingin mengangkat batu harus berwudhu, membaca doa, lalu menyebutkan niatnya di dalam hati. Jika batu dapat diangkat dengan mudah, maka itu adalah pertanda kalau niatnya akan terlaksana. Tapi jika tidak, maka rencananya tadi akan gagal.
3. Batu Basurek
5 Objek Wisata di Sumatra Barat ini Terbuat dari Batu, Unik Memesona!
Batu Basurek merupakan situs sejarah yang terletak di Kampung Rajo, Saruaso,  Kabupaten Tanah Datar. Secara harfiah batu basurek berarti batu bersurat atau batu yang memiliki tulisan. Hal ini terlihat karena ada sebuah tulisan yang tertera di batu ini. Tulisan di batu sendiri menceritakan tentang Raja Adityawarman sebagai penguasa negeri emas yang murah hati dan penuh belas kasih. Batu ini di tulis dalam aksara Jawa Kuno dan bahasa Sansekerta. Bagi kamu yang berkunjung ke Istano Basa Pagaruyung kamu juga bisa sekaligus mengunjungi situs Batu Basurek ini karena lokasi keduanya cukup berdekatan.
4. Batu Malin Kundang 
5 Objek Wisata di Sumatra Barat ini Terbuat dari Batu, Unik Memesona!
Siapa yang tak mengenal cerita tentang Malin Kundang. Kisah anak durhaka ini sudah menyebar ke seluruh Indonesia. Jika kamu bermain di Pantai Air Manih, kamu akan melihat sendiri Batu Malin Kundang yang konon berasal dari anak durhaka yang di kutuk oleh ibunya. Bentuk batu-batu ini seperti benda-benda kapal yang asli. Terutama ketika kamu melihat batu berbentuk tali tambang dan barel-barel kayu yang ada di sana. Batu Malin Kundang sendiri memiliki bentuk yang mirip seperti orang yang sedang bersujud.
5. Batu Talempong 
Mengenal Batu Talempong di Sumbar, Alat Musik Unik dan Punya Cerita Misteri
Jika Amerika Serikat punya Ringing Rocks Park, maka Sumatera Barat memiliki Batu Talempong. Bukan hanya sekadar nama, batu ini benar-benar memiliki bunyi layaknya talempong, alat musik minang yang bentuknya mirip gamelan. Hanya saja untuk membunyikannya di perlukan sebuah ritual khusus. Kemenyan putih harus di bakar dan di iringi dengan perapalan doa. Jika hal ini tidak di lakukan, jangan harap keenam batu ini menghasilkan bunyi seperti talempong. Uniknya lagi Batu Talempong ini bisa menjadi pertanda bencana atau sesuatu yang buruk pada Nagari Talang Anau, daerah tempat Batu Talempong ini berada. Biasanya Batu Talempong akan mengeluarkan bunyi menderum, mengelegar atau bunyi-bunyian aneh lainnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *