Inilah Destinasi Lembah Terindah yang Cocok Untuk Menikmati Sunset

Inilah Destinasi Lembah Terindah yang Cocok Untuk Menikmati Sunset

Inilah Destinasi Lembah Terindah yang Cocok Untuk Menikmati Sunset - Lembah adalah wilayah bentang alam yang dikelilingi oleh pegunungan atau  perbukitan yang luasnya dari beberapa kilometer persegi sampai mencapai ribuan kilometer persegi. Lembah dapat terbentuk dari beberapa proses geologis, salah satunya adalah proses pengikisan tanah secara bertahap oleh air dan angin. Lembah gletser yang umumnya berbentuk-U terbentuk puluhan ribu tahun yang lalu akibat erosi gletser. Selain berbentuk-U, lembah juga dapat berbentuk-V. Kalau ngomongin soal kekayaan alam, Indonesia memang juaranya. Negara kita di anugerahi gunung-gunung yang gagah, garis pantai yang indah, hingga hutan yang seakan tak terbatas. Tak hanya itu, Indonesia juga kaya akan bentang lembah-lembah yang menawan dan sanggup memanjakan mata. Di berbagai daerah, kawasan lembah menjadi salah satu destinasi alam yang disukai banyak wisatawan. Kawasan lembah biasanya menyajikan keindahan alam yang cocok untuk melepas penat dan stres.
1. Lembah Harau
7 Lembah Paling Indah untuk Menikmati Panorama Sunset yang Memukau 
Lembah Harau merupakan salah satu destinasi favorit di Sumatra Barat. Kawasan lembah ini memiliki pemandangan alam yang mengagumkan, dengan suasana yang tenang dan asri. Lokasi Lembah Harau tersembunyi di balik tebing-tebing tinggi. Terdapat air terjun, area persawahan, dan rumah-rumah penduduk yang unik di sini. Lembah Harau ini berada di Kabupaten Limapuluh Koto, Provinsi Sumatra Barat.
2. Lembah Mandalawangi
7 Lembah Paling Indah untuk Menikmati Panorama Sunset yang Memukau 
Lembah Mandalawangi merupakan bagian dari Gunung Pangrango, gunung tertinggi kedua di Jawa Barat. Lokasinya berada di ketinggian 3.019 meter di atas permukaan laut, atau sekitar 100 meter sebelum puncak Gunung Pangrango. Lembah Pangrango menyuguhkan padang bunga edelweis yang luas. Pemandangannya indah, udaranya sejuk, dan suasananya menenangkan. Untuk menuju kawasan Lembah Mandalawangi memang tak mudah. Kamu harus mengurus SIMAKSI (Surat Izin Masuk Kawasan Konservasi), menyiapkan perbekalan, hingga menjaga kondisi tubuh. Namun, pemandangan yang ditawarkan sebanding dengan perjuanganmu dan gak akan mengecewakan.
3. Lembah Ramma
7 Lembah Paling Indah untuk Menikmati Panorama Sunset yang Memukau 
Lembah Ramma merupakan bagian dari Gunung Bawakaraeng yang berada di Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan. Kawasan ini menawarkan alam yang sejuk dan asri. Lembah Ramma terdiri dari padang rumput yang cukup luas, perbukitan mungil, dan sungai yang jernih. Kamu bisa mendirikan tenda untuk berkemah sembari menikmati alam. Saat senja, suasanya akan semakin memesona.
4. Lembah Sindoro Posong
7 Lembah Paling Indah untuk Menikmati Panorama Sunset yang Memukau 
Lembah Sindoro Posong lebih di kenal dengan nama Wisata Alam Posong. Lokasinya berada di Kecamatan Kledung, Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah. Kawasan ini berada di dataran tinggi Temanggung, tepat di bawah kaki Gunung Sindoro. Gak heran kalau hawa yang di suguhkan sangat sejuk khas pegunungan. Lembah Sindoro Posong menawarkan pemandangan alam yang sangat indah. Jika cuaca cerah, kamu bisa menikmati pemandangan tujuh gunung sekaligus. Selain itu, momen sunrise dan sunset di sini juga sangat indah. Bahkan tak kalah dengan golden sunrise di kawasan Dieng. Fasilitas yang di sediakan di Wisata Alam Posong juga lengkap. Ada toilet, gazebo untuk bersantai, area kafe, hingga lokasi camping untuk bermalam.
5. Lembah Bukit Pangonan
7 Lembah Paling Indah untuk Menikmati Panorama Sunset yang Memukau 
Lembah Bukit Pangonan menjadi salah satu destinasi lembah yang gak boleh luput dari daftar jalan-jalanmu. Lokasinya berada tak jauh dari kawasan wisata Dieng Plateu, atau tepatnya di Dieng Kulon, Batur, Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah. Lembah Bukit Pangonan awalnya merupakan semacam cekungan bekas danau yang mengering. Kawasan ini kemudian ditumbuhi ilalang yang membentuk padang savana berpanorama indah. Kamu bisa bersantai sembari menikmati pemandangan alam atau sekalian berkemah. Di sarankan untuk mendirikan kemah pada siang hari. Saat senja, kamu bisa bersantai menikmati panorama alam dengan langit yang mulai menguning sembari menyuruput minuman hangat favoritmu.
6. Lembah Jemplang
7 Lembah Paling Indah untuk Menikmati Panorama Sunset yang Memukau 
Lembah Jemplang merupakan bagian dari kawasan Gunung Bromo. Lokasinya berada di Taman Nasional Tengger Bromo Semeru, Poncokusumo, Kabupaten Malang, Jawa Timur. Kawasan Lembah Jemplang berada di antara Gunung Widodaren dan Gunung Watangan. Lembah Jemplang juga menawarkan pemandangan alam yang sangat indah. Saat musim kemarau, kamu akan di suguhkan hamparan rumput yang luas dengan warnanya yang kuning cantik. Saat musim hujan, kawasan ini berubah menjadi hijau menyegarkan. Untuk menikmati kawasan lembah ini, kamu harus mendaki Bukit Jemplang. Dari sini, kamu juga bisa menikmati momen senja yang begitu menawan. Perpaduan antara sinar jingga matahari dan padang rumput yang luas di jamin akan memanjakan mata.
7. Oro-oro Ombo
7 Lembah Paling Indah untuk Menikmati Panorama Sunset yang Memukau 
Oro-oro Ombo merupakan bagian dari rute pendakian Gunung Semeru, gunung tertinggi di Pulau Jawa. Lokasinya berada di ketinggian sekitar 2.400 meter di atas permukaan laut, tak jauh dari Danau Ranu Kumbolo. Bagi pendaki yang ingin menuju pos Kalimati atau puncak Mahameru, pastinya akan melewati Oro-oro Ombo. Kawasan Oro-oro Ombo menyajikan pemandangan padang savana yang di hiasi hamparan bunga verbena yang sangat cantik. Bunga ini punya warna ungu yang menawan, mirip seperti lavender. Saat pagi hari, bunga ini akan membiaskan cahaya kemilauan seperti kristal. Di sarankan mengunjungi Oro-oro Ombo saat musim penghujan, saat bunga mulai bermekaran. Lembah atau canyon merupakan bentang alam yang di kelilingi oleh pegunungan atau perbukitan yang luasnya dapat mencapai ribuan kilometer persegi. Lembah terbentuk karena aktivitas pengikisan batuan dalam jangka waktu yang cukup lama. Nah, itulah rekomendasi tujuh lembah paling indah untuk menikmati panorama matahari terbenam atau sunset yang memukau. Cocok untuk kamu yang berniat melipir sejenak mencari sumber inspirasi, nih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *