Destinasi Wisata Terbaik yang Bisa Kamu Kunjungi di Ibu Kota Armenia

Destinasi Wisata Terbaik yang Bisa Kamu Kunjungi di Ibu Kota Armenia

Destinasi Wisata Terbaik yang Bisa Kamu Kunjungi di Ibu Kota Armenia - Yerevan adalah ibu kota sekaligus kota terbesar Armenia. Penduduknya berjumlah 1.121.900 jiwa (2009). Yerevan merupakan ibu kota Armenia di mana kota tersebut menjadi salah satu kota bersejarah di dunia. Juga merupakan sebuah provinsi di sana. Kota ini memiliki luas wilayah 300 km² dan memiliki angka kepadatan penduduk sebesar 4.896 jiwa/km². Perkembangan kota Yerevan sendiri tak lepas dari peran seorang Alexander Tamanyan (1878-1936), yang menjadi salah satu tokoh modernisasi Yerevan. Di tangan arsitek kelahiran Rusia tersebut, Yerevan menjelma menjadi kota yang indah. Meskipun tak banyak orang yang tahu tentang kota tersebut, namun Yerevan memiliki berbagai destinasi wisata menarik yang tentunya akan membuatmu jatuh cinta seketika dengan kota tersebut. Apa saja destinasi terbaik yang bisa kamu kunjungi di ibu kota Armenia tersebut? Berikut informasinya.
1. Republic square
5 Tempat Wisata Terbaik di Yerevan-Armenia yang Bikin Kamu Jatuh Cinta
Menjadi alun-alun utama di kota Yerevan, Republic Square atau masyarakat Yerevan menyebutnya Hraparak dikelilingi oleh lima bangunan indah bergaya neo klasik dengan sentuhan motif khas Armenia yang menjadikannya terlihat megah dan elegan. Bangunan-bangunan tersebut meliputi Gedung Pemerintahan, Museum Sejarah, Galeri Nasional, Hotel, dan satu gedung lagi milik Kementrian Armenia yang berdiri di atas lahan seluas 3 hektar. Kamu bisa menikmati alun-alun tersebut dengan berjalan kaki maupun mengitarinya dengan sebuah mobil.
2. Matenadaran
5 Tempat Wisata Terbaik di Yerevan-Armenia yang Bikin Kamu Jatuh Cinta
Matenadaran yang memiliki nama resmi Mesrop Mashtots Institute of Ancient Manuscripts merupakan museum atau sebuah gudang manuskrip terbesar yang ada di Dunia. Museum ini didirikan pada tahun 1959, di mana setiap tahunnya bisa mendatangkan lebih dari 100.000 wisatawan lokal maupun asing. Salah satu ikon yang menonjol dari museum ini adalah sebuah patung yang berdiri di bagian depan gedung. Patung tersebut merupakan seorang Mesrop Mashtots, seorang negarawan dan menjadi tokoh suci paling dihormati di Armenia. Matenadaran sendiri memiliki kurang lebih 23.000 koleksi manuskrip serta beberapa dokumen yang berkaitan dengan sejarah Armenia.
3. Tsitsernakaberd
5 Tempat Wisata Terbaik di Yerevan-Armenia yang Bikin Kamu Jatuh Cinta
Setiap tanggal 24 April, di tempat ini selalu di penuhi ribuan orang untuk memperingati para korban genosida. Ya, Tsitsernakaberd merupakan sebuah komplek monumen yang di dedikasikan untuk tragedi berdarah pembunuhan secara masal yang terjadi di Armenia pada 1915. Dalam area monumen ini, terdapat menara setinggi 44 meter yang melambangkan kejayaan rakyat Armenia. Serta 12 lempengan melingkar yang membentuk seperti sebuah gunung mewakili jumlah provinsi yang hilang. Monumen yang selesai di bangun pada tahun 1967 ini di arsiteki oleh Arthur Tarkhanyan, Sashur Kalashyan, dan seniman Hovhannes Khachatryan.
4. History museum of armenia
5 Tempat Wisata Terbaik di Yerevan-Armenia yang Bikin Kamu Jatuh Cinta
Mengunjungi museum sejarah di negara yang kamu singgahi mungkin menjadi hal yang menarik, di mana kita akan tahu apa dan bagaimana negara tersebut bisa terbentuk. Seperti di kota Yerevan, ada History Museum Of Armenia yang kurang lebih memiliki 400.000 koleksi, terdiri dari benda-benda kuno serta dokumen-dokumen sejarah Armenia. Beberapa koleksi dari museum ini juga cukup menarik. Salah satunya item perunggu dari milenium ke-3 hingga ke-2 sebelum Masehi. Museum yang mendapatkan status sebagai Museum Nasional ini juga melaksanakan berbagai program pendidikan dan ilmiah tentang sejarah dan budaya yang ada di negara Armenia.
5. Cascade complex
5 Tempat Wisata Terbaik di Yerevan-Armenia yang Bikin Kamu Jatuh Cinta
Satu lagi yang paling unik di Yerevan yaitu sebuah tangga yang terbuat dari batu kapur, yang menghubungkan antara pusat distrik kentron dan monumen Alexander Tamanyan. Kawasan ini juga menjadi salah satu landmark terbaru dari kota Yerevan karena arsitektur tempatnya yang sangat instagramable. Selain itu, ada sejumlah kafe atau restoran di kedua sisi tangga tersebut. Jika kamu datang saat musim semi, kamu akan di suguhi dengan beberapa konser musik klasik dan jazz di mana para penonton selalu memenuhi tangga untuk melihatnya. Menarik bukan?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *