Deretan Kuil Paling Terkenal di India Utara yang Layak Dikunjungi

Deretan Kuil Paling Terkenal di India Utara yang Layak Dikunjungi

Deretan Kuil Paling Terkenal di India Utara yang Layak Dikunjungi - Kuil-kuil di India memiliki tradisi yang unik. Di sanalah tempat makanan yang melimpah berada dan rasanya memiliki kelas tersendiri. Di seluruh India, kuil kuno telah melayani tidak hanya kebutuhan spiritual tetapi juga kebutuhan sosial dalam jangka waktu yang lama. Banyak kuil di negara itu telah mengadopsi tradisi lama memberi makan massa, memungkinkan para peziarah dan pelancong untuk menikmati makanan sehat dan lezat setiap hari. India Utara populer sebagai surganya para dewa dan dewi. Di wilayah ini banyak di temukan kuil-kuil terkenal yang menampilkan perpaduan sempurna dari tradisi, kepercayaan, dan karya seni. Semua kuil di India Utara menyimpan banyak cerita menarik yang membuatnya layak di kunjungi. Nah, jika kamu memiliki rencana berlibur ke India Utara, berikut ini terdapat lima kuil terkenal yang harus di sambangi. Di jamin akan meningkatkan pengalaman liburanmu.
1. Kedarnath Temple, Uttarakhand
5 Kuil Paling Populer di India Utara, Arsitekturnya Memukau!
Terletak di jajaran Garhwal Himalaya di Uttarakhand, Kedarnath Temple adalah salah satu dari 12 Jyotirlinga utama yang di dedikasikan untuk Dewa Siwa. Penduduk setempat percaya bahwa kuil ini awalnya di bangun oleh Pandawa, kemudian di dirikan kembali oleh Adi Shankaracharya pada abad ke-8. Berada di sekitar pegunungan dan gletser yang di selimuti salju, kuil ini berada di ketinggian 3.583 km. Kuil ini hanya di buka selama bulan April hingga November karena lokasi ini menerima curah hujan yang tinggi.
2. Badrinath Temple, Uttarakhand
5 Kuil Paling Populer di India Utara, Arsitekturnya Memukau!
Badrinath Temple terletak di sepanjang tepi Sungai Alakanand, Uttarakhand. Kuil yang mampu memikat wisatawan dari berbagai penjuru dunia ini bertengger dengan kokohnya pada ketinggian 10.827 meter di atas permukaan laut. Pembangunan kuil di dedikasikan untuk Dewa Wisnu. Hal tersebut dapat terlihat dari keberadaan patung Dewa Wisnu dalam area kuil. Sayangnya karena kondisi cuaca di wilayah ini tergolong ekstrem, kuil yang di anggap sebagai salah satu situs ziarah utama di India tersebut hanya buka dari bulan Mei hingga November.
3. Amarnath Cave Temple, Jammu & Kashmir
5 Kuil Paling Populer di India Utara, Arsitekturnya Memukau!
Amarnath Cave Temple merupakan salah satu kuil paling terkenal di India Utara yang terletak di ketinggian sekitar 3.888 meter. Uniknya tempat ini memiliki shivling yang terbentuk secara alami dari es. Menurut kepercayaan orang-orang setempat, itu adalah wujud dari Dewa Siwa. Amarnath Cave Temple paling ramai di kunjungi peziarah selama empat puluh lima Shravan Mela. Ada dua cara menuju kuil ini, yaitu melalui Pahalgam atau Baltal. Jika ingin rute yang lebih pendek maka kamu harus melalui Pahalgam. Namun jika ingin berpetualang, maka kamu harus pergi melalui Baltal.
4. Birla Mandir Temple, Jaipur
5 Kuil Paling Populer di India Utara, Arsitekturnya Memukau!
Birla Mandir Temple di kenal juga dengan nama Lakshmi Narayan Temple. Terletak di dasar Bukit Moti Dungari di Jaipur, kuil ini di kelilingi oleh tanaman hijau yang subur. Terdapat ukiran marmer yang mengesankan pada bangunannya beserta kubah yang mencolok. Tidak heran jika kuil yang di bangun pada tahun 1988 ini berhasil menarik perhatian jutaan umat setiap tahunnya. Kuil ini di khususkan untuk pemujaan terhadap Dewa Wisnu. Saat malam tiba, kuil ini terlihat lebih hidup dengan ribuan lampu yang menyala.
5. Golden Temple, Amritsar
5 Kuil Paling Populer di India Utara, Arsitekturnya Memukau!
Terletak di dekat danau, Golden Temple menampilkan gaya arsitektur Sikh yang unik. Kuil ini  memiliki empat pintu masuk yang menandakan bahwa orang-orang dari semua agama, kasta, kepercayaan, dan jenis kelamin sama-sama di terima. Suasana damai akan langsung kamu rasakan begitu masuk ke dalam kuil. Tak heran jika banyak orang mengunjungi tempat ini selain untuk beribadah juga untuk menenteramkan jiwa dan pikiran. Kuil-kuil di atas mencerminkan warisan budaya yang kaya dan menawarkan tempat yang sempurna bagi para peziarah yang menginginkan suasana tenang dan damai. Jadi, saat merencanakan perjalanan ke India Utara, jangan lupa untuk mengunjunginya ya. Kuil khas India di mana pun, baik di kota atau desa, memiliki dapur sendiri di mana makanan ini di masak, di sucikan dan di sajikan. Lalu, masakan itu di tawarkan secara gratis atau dengan harga murah. Tapi ini bukan makanan biasa. Yang membedakan masakan kuil adalah rasanya, yang unik di setiap lokasi dan sangat sulit untuk di tiru. Faktanya, banyak koki profesional telah mencoba menawarkan masakan kuil di restoran kelas atas mereka. Tapi mereka gagal menghasilkan keajaiban yang sama.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *