Beberapa Wisata Edukasi di Blitar yang Wajib Kamu Datangi

Beberapa Wisata Edukasi di Blitar yang Wajib Kamu Datangi

Beberapa Wisata Edukasi di Blitar yang Wajib Kamu Datangi - Kota Blitar merupakan sebuah kota yang terletak di bagian selatan Provinsi Jawa Timur, Indonesia. Kota ini terletak sekitar 167 km sebelah barat daya Surabaya dan 80 km sebelah barat Malang. Blitar terkenal sebagai kota Proklamator, selain itu Blitar juga mempunyai banyak tempat wisata lainnya. Selain disebut sebagai Kota Proklamator dan Kota Patria, kota ini juga disebut sebagai Kota Peta (Pembela Tanah Air) karena di bawah kepemimpinan Soeprijadi, Seperti wisata alam, wisata sejarah, dan wisata edukasi. Ada yang suka berwisata bukan cuma untuk berlibur tapi juga bisa untuk belajar. Di Blitar ada tempat wisata edukasi yang bagus untuk berlibur dan belajar tentang mengenal sejarah dan cinta dengan alam. Kali ini yuk kita bahas wisata edukasi yang ada di Blitar. Wisata edukasi apa aja sih yang ada di Blitar? Yuk, simak ragamnya di bawah ini.
1. Kampung Coklat
9 Tempat Wisata Edukasi di Blitar yang Patut Kamu Kunjungi
Kampung Coklat terletak di Desa Plosorejo, Kademangan, Blitar. Di sini kita bisa berwisata dan juga belajar tentang bagaimana merawat tanaman cokelat dan pengolahannya. Wisata ini sudah terkenal di Indonesia dan bahkan di sinilah tempat penghasil cokelat terbesar di Blitar. Kamu bisa mengajak anak dan keluarga untuk berwisata di sini agar menambah wawasan tentang budidaya cokelat sampai dengan cara pengolahannya.
2. Makam Bung Karno
9 Tempat Wisata Edukasi di Blitar yang Patut Kamu Kunjungi
Makam Bung Karno berada di tengah-tengah pusat Kota Blitar, di sini bisa berziarah dan berdoa langsung ke makam sang Proklamator. Dan bisa mengenang Presiden Republik Indonesia yang pertama. Di sini sembari mengenang jasa-jasa dan masa lalu dari Presiden pertama kita. Di lokasi ini terdapat museum dan perpustakaan Bung Karno juga, di dalam sini kita bisa dengan leluasa melihat-lihat foto dokumentasi dari perjalanan hidup Bung Karno dan juga membaca buku-buku sejarah yang ada di perpustakaan sebelah makam Bung Karno.
3. Penangkaran Rusa Maliran
9 Tempat Wisata Edukasi di Blitar yang Patut Kamu Kunjungi
Berbeda dengan kebun binatang yang memiliki ragam hewan di dalamnya, di Penangkaran Rusa Maliran yang berada di di Desa Jatilengger, Blitar, sesuai namanya hanya berisi dengan rusa. Rusa sendiri termasuk jajaran hewan langka yang di lindungi di Indonesia, lho. Jadi dengan mengunjungi Perangkaran Rusa Maliran, kamu yang udah lama gak melihat langsung hewan bertanduk ini, bisa menyaksikan langsung. Kalau berkunjung ke sini, kamu bisa belajar cara merawat  dan memberi makan rusa. Asyik, kan?
4. Kampung susu Tulungagung
9 Tempat Wisata Edukasi di Blitar yang Patut Kamu Kunjungi
Tidak kalah dengan wisata lainnya kampung susu masuk jajaran wisata edukasi di Blitar. kita di sini belajar bagaimana cara memproses susu, dari memeras sampai memproses susu hingga siap minum. Selama ini kita yang hanya mengonsumsinya jadi tahu bagaimana proses pembuatan susu dari awal. Selain itu jika berkunjung di sana, kamu akan tahu bagaimana cara merawat sapi perah biar bisa menghasilkan susu yang cukup banyak. Wah, menarik, ya?
5. Istana Gebang
9 Tempat Wisata Edukasi di Blitar yang Patut Kamu Kunjungi
Istana Gebang merupakan tempat tinggal presiden pertama Indonesia Ir. Sukarno pada waktu remaja. Setiap tanggal 6 Juni yang merupakan tanggal kelahiran Bung Karno, di rumah ini digelar haul, serta berbagai macam kesenian untuk memperingati hari Kelahiran Bung Karno. Kalau kamu menyukai hal-hal berbau sejarah, bisa banget berkunjung ke Istana Gebang ini.
6. Candi Penataran
9 Tempat Wisata Edukasi di Blitar yang Patut Kamu Kunjungi
Candi penataran terletak Desa Penataran, Kecamatan Nglegok, Kabupaten Blitar. Nama asli dari Candi ini adalah Candi Palah, candi tersebut merupakan candi yang bersifat keagamaan Hindu Siwaitis. Dengan mengunjungi Candi Penatawan, kamu bisa belajar sejarah tentang berdirinya kerajaan Majapait di Blitar. Menarik, bukan, berwisata sambil belajar?
7. Lembah Gogoniti Farm
9 Tempat Wisata Edukasi di Blitar yang Patut Kamu Kunjungi
Lembah Gogoniti Farm terletak di Desa Kemirigede, Blitar. Wisata edukasi kali ini mengajarkan kita cara menanam dan merawat tumbuhan baik buah ataupun tanaman hias lainnya. Di samping itu di Lembah Gogoniti Farm sangat sejuk udaranya, cocok untuk menenangkan pikiran dari capeknya bekerja atau rutinitas sehari-hari. Lembah Gogoniti Farm pas untuk dikunjungi bareng keluarga.
8. Kebun Kopi Karanganyar
9 Tempat Wisata Edukasi di Blitar yang Patut Kamu Kunjungi
Kebun kopi Karanganyar  berada di Dusun Karanganyar, Kabupaten Blitar. Di perkebunan ini juga ada paket edukasi kopi, sehingga para pengunjung dapat mempelajari sejarah, proses pembuatan, dan segala hal yang berkaitan dengan kopi dan ada juga kelas barista. Pencinta kopi yang pengin menambah wawasan tentang kopi atau mungkin ingin membuka kedai kopi sendiri, berkunjung ke kebun kopi Karanganyar bisa jadi pilihan wisata menarik.
9. Kebon Rojo
9 Tempat Wisata Edukasi di Blitar yang Patut Kamu Kunjungi
Kebon Rojo kerap disebut sebagai kebun binatang mininya Blitar. Kalau berkunjung ke sini, kamu bisa melihat berbagai macam binatang. Cocok nih, buat mengajak anak-anak liburan ke sini. Mereka bisa belajar mengenali hewan sejak dini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *