Beberapa Taman Nasional Diketahui Sebagai yang Terluas di Dunia

Beberapa Taman Nasional Diketahui Sebagai yang Terluas di Dunia

Beberapa Taman Nasional Diketahui Sebagai yang Terluas di Dunia - Taman nasional  adalah kawasan pelestarian alam yang mempunyai ekosistem asli, dikelola dengan sistem zonasi yang dimanfaatkan untuk tujuan penelitian, ilmu pengetahuan, pendidikan, menunjang budidaya, pariwisata, dan rekreasi. Hampir setiap negara memiliki taman nasional untuk melestarikan habitat asli suatu ekosistem. Taman nasional sendiri memiliki berbagai macam fungsi, mulai dari penelitian, pelestarian atau konservasi hewan dan tumbuhan, pendidikan, hingga rekreasi. Taman nasional merupakan salah satu jenis kawasan konservasi karena di lindungi, biasanya oleh pemerintah pusat, dari perkembangan manusia dan polusi. Berdasarkan laporan International Union for Conservation of Nature (IUCN), setidaknya sudah ada 6555 taman nasional yang tersebar di berbagai penjuru dunia. Taman nasional di kenal sebagai wilayah yang sangat luas dan mampu menampung ribuan spesien hewan maupun tumbuhan. Sejauh ini, terdapat beberapa taman nasional yang di ketahui sebagai yang terluas di dunia.
1. Northeast Greenland National Park - Denmark
5 Taman Nasional Terbesar yang Ada di Dunia, dari Negara Mana Saja?
Northeast Greenland National Park merupakan taman nasional yang terletak di negara Denmark. Beberapa hewan khas taman nasional ini adalah serigala artik, lembu kesturi, hingga beruang kutub. Luas dari taman nasional ini mencapai 375.000 mil persegi atau 971245 kilometer persegi. Dengan hal tersebut, taman nasional ini di nobatkan sebagai yang terbesar di dunia. Kawasan ini di kenal sebagai kawasan yang sangat sudah di tempati oleh manusia karena iklimnya yang ekstrem. Di lansir Visit Greenland, kurang dari 50 manusia yang menetap di kawasan tersebut. Kawasan ini juga di jadikan pusat penelitian untuk mengetahui dampak perubahan iklim saat ini. Taman nasional ini juga bisa menjadi salah satu destinasi wisata, khususnya di daerah pegunungan dan tundra di daerah tersebut.
2. Namib Naukluft Park - Namibia
5 Taman Nasional Terbesar yang Ada di Dunia, dari Negara Mana Saja?
Namib Naukluft Park merupakan taman nasional terbesar yang ada di Afrika. Luas dari kawasan ini mencapai 49.769 kilometer persegi. Taman nasional yang ada di negara Namabia itu di nobatkan sebagai yang terbesar kedua di dunia setelah Northeast Greenland National Park. Di dirikan pada tahun 1979, taman nasional ini menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan dari berbagai macam negara. Kawasan ini memiliki banyak sekali bukit pasir yang aman untuk di daki. Di sini, terdapat beberapa hewan yang di lindungi seperti leopard, cheetah, oryx, jerapah, hingga serigala, di lansir Info Namibia. Ada juga spot Sandwich Harbour yang merupakan rumah bagi 200.000 burung seperti flamingo, burung kormoran, pelikan, dan burung laut lainnya. Walau sudah berhasil menarik banyak wisatawan ke sana, ternyata terdapat beberapa area yang belum bisa di akses oleh manusia karena alasan tertentu.
3. Wood Buffalo National Park - Kanada
5 Taman Nasional Terbesar yang Ada di Dunia, dari Negara Mana Saja?
Wood Buffalo National Park merupakan salah satu taman nasional terbesar di Benua Amerika. Di dirikan pada tahun 1922, luas dari kawasan ini mencapai 17.300 mil persegi atau setara 44.806 kilometer persegi. Kawasan ini merupakan rumah bagi banyak berang-berang dan bison yang memang di lindungi di sini. Taman nasional ini juga melindungi burung yang sudah hampir punah, yaitu burung Whooping Crane. Ada pula beberapa hewan lainnya yang dapat di temukan di sini seperti serigala, rusa besar, dan beruang hitam. Taman nasional ini juga menjadi salah satu destinasi wisata favorit bagi masyarakat setempat, terutama bagi pendaki.
4. Gates of the Arctic National Park - Amerika Serikat
5 Taman Nasional Terbesar yang Ada di Dunia, dari Negara Mana Saja?
Gates of the Arctic National Park merupakan taman nasional yang terletak di Alaska, Amerika Serikat. Di dirikan pada tahun 1980, luas dari kawasan ini mencapai 13.238 mil persegi atau 34.286 kilometer persegi. Migrasi hewan karibu menjadi fenomena yang paling ikonik di kawasan ini. Setidaknya terdapat 235.000 ekor karibu yang menetap di taman nasional ini. Di sisi lain, kawasan ini juga menampilkan aurora pada musim dingin yang menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan. Tempat ini merupakan tempat yang cocok untuk para pengunjung yang ingin menikmati suasana alam yang hening dan tidak bising.
5. Denali National Park and Preserve - Amerika Serikat
5 Taman Nasional Terbesar yang Ada di Dunia, dari Negara Mana Saja?
Satu lagi taman nasional terluas yang terdapat di Alaska ialah Denali National Park and Preserve. Taman nasional ini memiliki luas 9492 mil persegi atau setara 24.584 kilometer persegi. Salah satu spot yang sangat ikonik ialah Gunung Denali atau di kenal dengan Gunung McKinley yang merupakan gunung tertinggi di Amerika bagian utara. Walau kawasan ini luas, tempat ini sangat aman untuk dikunjungi karena memiliki sedikit hewan buas. Tempat ini juga menjadi destinasi favorit bagi para ilmuwan untuk melakukan penelitian. Denali National Park merupakan satu-satunya taman nasional yang memiliki kandang anjing kereta luncur yang sangat lengkap.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *