Inilah Kisah Dalam mitologi Romawi Tentang Remus dan Romulus

Inilah Kisah Dalam mitologi Romawi Tentang Remus dan Romulus

Inilah Kisah Dalam mitologi Romawi Tentang Remus dan Romulus - Romawi Kuno adalah sebutan bagi peradaban bangsa Romawi mulai dari berdirinya kota Roma di Jazirah Italia pada abad ke-8 pra-Masehi sampai dengan runtuhnya Kekaisaran Romawi Barat pada abad ke-5 tarikh Masehi, yakni kurun waktu yang mencakup zaman Kerajaan Romawi (753 – 509 SM), zaman Republik Romawi (509 – 27 SM), dan zaman Kekaisaran Romawi sampai dengan tumbangnya Romawi Barat (27 SM – 476 M). Cikal bakal peradaban ini adalah perkampungan suku bangsa Italik di Jazirah Italia, yang di dirikan pada tahun 753 SM, dan kelak tumbuh menjadi kota Roma. Nama kota Roma adalah cikal bakal dari nama kekaisaran yang menjadikannya ibu kota, sekaligus cikal bakal dari nama peradaban yang dikembangkan dan disebarluaskan oleh kekaisaran itu. Dalam kisah mitologi Romawi, Remus dan Romulus adalah saudara kembar yang mendirikan idn poker deposit 10000 Kota Roma. Kisah legenda mereka telah di ceritakan oleh banyak sejarawan, yang meyakini bahwa kelahiran mereka seolah di takdirkan untuk membangun peradaban hebat.
1. Di anggap sebagai anak dewa perang Romawi dan kelahiran mereka ditakuti penguasa setempat
6 Fakta Remus dan Romulus: Mitologi Romawi Pendiri Kota Roma
Remus dan Romulus adalah saudara kembar yang lahir dari seorang putri bernama Rhea Silvia. Ayah mereka di percayai adalah dewa perang Romawi, Mars. Karena suatu ramalan, raja tempat dimana mereka lahir takut jika kelak Remus dan Romulus melawan dan mengambil alih kekuasaannya. Sang raja merebut kembar tersebut, meletakkannya di keranjang dan menghanyutkannya di Sungai Tiber agar mereka mati.
2. Ditolong dan dirawat oleh serigala betina
6 Fakta Remus dan Romulus: Mitologi Romawi Pendiri Kota Roma
Dalam banyak kisah, kembar Remus dan Romulus yang hanyut di temukan oleh serigala betina. Sang serigala merawat dan melindungi mereka dari binatang liar lainnya. Selain itu, seekor burung pelatuk memberi mereka makan. Hingga suatu hari serombongan gembala melewati mereka. Seorang gembala membawa dua saudara kembar itu pulang dan membesarkan mereka seperti anak sendiri.
3. Menggulingkan raja dan menolak tahta karena ingin membangun kota sendiri
6 Fakta Remus dan Romulus: Mitologi Romawi Pendiri Kota Roma
Seiring Remus dan Romulus dewasa, mereka tumbuh menjadi pemimpin secara alami. Dikisahkan, suatu hari Remus di tangkap oleh raja, sehingga membuat Romulus mengumpulkan pasukan gembala untuk menyelamatkan saudaranya. Kisah tersebut berakhir dengan mereka membunuh sang raja. Warga yang tahu hal tersebut menawarkan Remus dan Romulus sebagai raja bersama. Mereka bisa menguasai kampung halamannya sendiri. Namun, mereka menolak tahta tersebut karena ingin membangun kotanya sendiri. Saudara kembar itu pergi dan mencari tempat sempurna untuk membangun kota mereka.
4. Menemukan lokasi pembangunan kota baru, tapi berselisih tentang letak bukit
6 Fakta Remus dan Romulus: Mitologi Romawi Pendiri Kota Roma
Kembar tersebut akhirnya menemukan lokasi dimana Roma terletak saat ini. Mereka menyukai wilayahnya, tapi masing-masing ingin lokasi kota di bukit yang berbeda. Remus ingin kota terletak di Bukit Aventine, sementara Romulus ingin kota terletak di puncak Bukit Palatine. Mereka sepakat untuk menunggu pertanda dari Dewa Augury untuk menetapkan bukit yang terpilih. Remus lebih dulu melihat pertanda dari enam burung pemakan bangkai, tapi Romulus melihat dua belas. Masing-masing mengajukan klaim kemenangan.
5. Karena persaingan, Remus di bunuh oleh Romulus
6 Fakta Remus dan Romulus: Mitologi Romawi Pendiri Kota Roma
Romulus selangkah lebih maju dan mulai membangun sebuah dinding di sekitar Bukit Palantine. Namun, Remus cemburu dan mulai mengusili dinding Romulus. Suatu ketika Remus melompati dinding untuk menunjukkan betapa mudahnya di lewati. Romulus jadi naik pitam dan membunuh Remus.
6. Kota Roma berhasil berdiri dan maju dalam peradaban
6 Fakta Remus dan Romulus: Mitologi Romawi Pendiri Kota Roma
Dengan kematian Remus, Romulus melanjutkan pembangunan kotanya. Secara resmi ia mendirikan kota pada 21 April 753 sebelum masehi, menjadikan dirinya sendiri raja, dan menamai kota dengan Roma. Mulai dari sana ia mengorganisasi kota itu. Kota terus tumbuh dan sejahtera. Hingga lebih dari 1.000 tahun Roma menjadi salah satu kota terkuat di dunia. Nah, itulah informasi-informasi menarik tentang kisah mitologi saudara kembar Remus dan Romulus yang di anggap sebagai pendiri Kota Roma, Italia. Kekaisaran Romawi tumbuh menjadi salah satu kekaisaran terbesar di dunia pada Abad Kuno, dengan populasi seramai kira-kira 50 sampai 90 juta jiwa (sekitar 20% dari keseluruhan populasi dunia pada zamannya), dan wilayah seluas 5 juta persegi pada tahun 117 M. Dari abad ke abad, negara binaan bangsa Romawi ini sedikit demi sedikit berkembang dari negara monarki elektif menjadi negara republik kuno yang demokratis, dan selanjutnya menjadi negara kekaisaran diktator militer semielektif yang kian lama kian autokratis. Melalui perang penaklukan serta asimilasi budaya dan bahasa, Kekaisaran Romawi mampu menguasai beragam suku bangsa dan wilayah yang sangat luas.