Inilah Alasan Kenapa Internet di Indonesia Lelet Banget

Inilah Alasan Kenapa Internet di Indonesia Lelet Banget

Inilah Alasan Kenapa Internet di Indonesia Lelet Banget - Internet adalah sistem jaringan komputer yang saling terhubung secara global dengan menggunakan paket protokol internet (TCP/IP) untuk menghubungkan perangkat di seluruh dunia. Riset dari WebsiteToolTester menyatakan bahwa Indonesia berada di peringkat 92 untuk negara dengan internet tercepat di dunia. ata-rata kecepatannya pun hanya 6,65 Mbps. Maka tidak heran jika koneksi internet kita berjalan seperti siput yang sedang mager. Jika dibandingkan dengan negara tetangga, Indonesia kalah jauh. Malaysia berada di posisi ke-30, Thailand pada posisi ke-45, dan bahkan Singapura menempati peringkat 2 negara dengan internet tercepat di dunia. Internet membawa beragam sumber daya dan layanan informasi, seperti dokumen hiperteks yang saling terkait dan aplikasi World Wide Web (WWW), surat elektronik, telepon, dan berbagi berkas. Kembali ke pertanyaan di atas, sebenarnya apa, sih, yang membuat internet kita begitu lambat? Kira-kira ini salah siapa, ya? Apakah kita sebagai konsumen, pemerintah, atau justru negara lain yang terlampau cepat? Yuk, Dilansir dari IDN Poker77 simak penjelasannya berikut ini!
1. Internet sangat bergantung pada infrastruktur
Bikin Emosi! Ini Alasan Kenapa Internet Indonesia Lemot Banget
Sebelum menyelam lebih dalam pada topik ini, perlu diketahui bahwa koneksi internet ada karena infrastruktur. Hal ini meliputi tiang pemancar, kabel serat optik, kabel telepon, dan lain sebagainya. Panjang kabel yang dibutuhkan tidak main-main, bisa mencapai puluhan ribu kilometer. Salah satu proyek infrastruktur internet terbesar di Indonesia adalah Palapa Ring. Kabel serat optik yang dipakai mencapai 36 ribu kilometer untuk menjangkau Sumatra, Jawa, Kalimantan, Nusa Tenggara, Sulawesi, Maluku, dan Papua. Namun tetap saja, walaupun proyek infrastruktur ini dijalankan, masih ada faktor lain yang menghambat koneksi internet di Indonesia.
2. Faktor geografis adalah tantangan dalam membangun infrastruktur
Bikin Emosi! Ini Alasan Kenapa Internet Indonesia Lemot Banget
Mengutip AsiaQuest, satu faktor yang berperan besar terhadap sulitnya pembangunan infrastruktur adalah kondisi geografis. Tak seperti negara lain, Indonesia adalah negara kepulauan yang memiliki berbagai rintangan geografis. Contohnya gunung, laut, sungai, dan lain sebagainya. Terlebih lagi, masih banyak wilayah pedalaman yang sulit di akses karena belum ada jalan yang layak. Jadi bisa di bilang, faktor geografis adalah tantangan terbesar untuk membangun infrastruktur telekomunikasi. Akibatnya, seperti yang kita tahu, banyak wilayah yang bahkan tidak memiliki akses terhadap internet. Sebagai contoh, mantan menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara mengatakan bahwa di tahun 2016, masyarakat Maluku dan Papua hanya bisa mengakses internet dengan kecepatan maksimal 200 Kbps. Kebayang, gak, seberapa lemotnya?
3. Pembangunan infrastruktur juga butuh biaya yang tak sedikit
Bikin Emosi! Ini Alasan Kenapa Internet Indonesia Lemot Banget
Bukan hanya kondisi geografis saja yang menjadi tantangan dalam mengatasi internet lemot. Faktor lain yang gak kalah penting adalah ketersediaan biaya. Seperti yang bisa di bayangkan, infrastruktur telekomunikasi itu tidak murah. Baik pemerintah maupun perusahaan provider internet harus menyiapkan dana besar. Di antaranya untuk membangun tiang pemancar hingga melintangkan kabel dari satu wilayah ke wilayah lainnya. Uang yang di butuhkan bisa mencapai miliaran rupiah, lho. Maka dari itu, tidak sembarang orang bisa menggeluti bisnis provider internet. Apalagi mereka harus menembus hutan, menyeberangi laut, dan menaklukkan rintangan geografis lain untuk membentangkan kabel serat optik.
4. Daya beli masyarakat cenderung rendah
Bikin Emosi! Ini Alasan Kenapa Internet Indonesia Lemot Banget
Biaya membangun infrastruktur internet memang mahal. Bertolak belakang darinya, daya beli masyarakat Indonesia cenderung lemah. Ini sangatlah wajar mengingat rata-rata pendapatan negara kita jauh lebih rendah daripada negara lain. Akan tetapi, hal ini kemudian memengaruhi kualitas internet Indonesia. Perusahaan provider internet harus bisa menyeimbangkan pengeluaran dengan pemasukan. Akhirnya penggunaan dan kualitas koneksi pun di turunkan.
5. Jadi, banyak pihak dan faktor yang berperan dalam lemotnya internet Indonesia
Bikin Emosi! Ini Alasan Kenapa Internet Indonesia Lemot Banget
Bisa di simpulkan bahwa lemotnya koneksi internet di Indonesia di pengaruhi oleh berbagai faktor dan pihak. Mulai dari pemerintah, perusahaan internet, hingga kita sebagai pengguna setianya. Walaupun begitu, kehidupan kita saat ini tidak bisa lepas dari internet. Bahkan kamu pun membutuhkannya untuk membaca artikel ini. Sebagai masyarakat yang awam, kita hanya bisa berharap ke depannya pemerintah beserta pihak-pihak lain yang bersangkutan bisa meningkatkan kualitas koneksi internet di Indonesia. Bukan hanya itu, pemerataan layanan pun sangat di perlukan agar kawan-kawan kita yang berada di wilayah pedalaman juga bisa mengaksesnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *