Destinasi Wisata Alami di Daerah Pekalongan yang Cocok Untuk Healing

Destinasi Wisata Alami di Daerah Pekalongan yang Cocok Untuk Healing

Destinasi Wisata Alami di Daerah Pekalongan yang Cocok Untuk Healing - Akhir pekan menjadi saat yang paling tepat untukmu melepas penat setelah bekerja selama weekdays. Mengambil jeda waktu untuk liburan tentu akan sangat baik bagi kesehatan tubuh karena selama lima hari waktu kerja tubuh diajak untuk terus melakukan aktivitas dari pagi hingga petang. Otak juga tentu sangat lelah setelah dipaksa untuk terus berpikir hingga tak jarang bisa berujung pada stres. Saat Kamu ingin menikmati keindahan alam Pekalongan? Sekitar 15 km dari pusat Kabupaten Pekalongan, terdapat Kecamatan Doro. Hanya berkeliling di kecamatan itu, kamu sudah bisa mengunjungi sejumlah destinasi wisata. Jangan terlalu berharap dengan wisata kekinian yang kerap kali hanya menyuguhkan spot foto buatan. Destinasi wisata di Kecamatan Doro lebih cocok untuk kamu yang menyukai wisata alam. Tidak hanya menikmati hawa sejuk, tapi perjalanan yang gak kalah seru.
Curug Madu Resmi
5 Wisata Alam di Kecamatan Doro-Pekalongan, Cocok untuk Healing nih!
Satu lagi nih wisata alam di Kecamatan Doro, Curug Madu Resmi yang lebih populer dibanding lainnya. Tingginya sekitar 4 meter dengan tebing batu cukup lebar. Kedung atau kolamnya pun cukup dangkal, terbilang aman untuk anak-anak. Kamu perlu berjalan kaki dari pintu masuk atau tempat parkir untuk sampai di lokasi air terjun. Jalan tanah dan bebatuan dengan popohonan bakal mengiringi langkahmu. Kamu juga harus menyeberangi jembatan kecil dan menuruni sejumlah anak tangga. Selain menikmati keindahan air terjun, kamu bisa berswafoto di beberapa spot. Tersedia pula gazebo, toilet, dan musala untuk mendukung aktivitasmu selama di sana. Tidak perlu takut kelaparan atau kehausan, deretan warung menyediakan makanan dan minuman.
Bengkelung Park
5 Wisata Alam di Kecamatan Doro-Pekalongan, Cocok untuk Healing nih!
Masih dengan wisata air, Bengkelung Park menjadi destinasi selanjutnya yang patut kamu kunjungi. Kamu bisa menyegarkan pikiran dan menikmati keindahan alam dari gardu pandang yang telah disediakan. Jika ingin menyegarkan badan, kamu tinggal bersantai atau basah-basahan di sungai. Air terjun berundak bisa menjadi salah satu spot menarik untuk bersantai atau berswafoto. Bebatuan alami di sekitarnya, menjadikan wisata alam ini makin eksotis. Tertarik untuk mengunjungi Bengkelung Park? Berlokasi di Desa Sidoharjo, Kecamatan Doro. Kamu bisa menempuh perjalanan selama 35 menit dari pusat kota Pekalongan.
Watu Bahan
5 Wisata Alam di Kecamatan Doro-Pekalongan, Cocok untuk Healing nih!
Berbeda dari kedua destinasi wisata sebelumnya, Watu Bahan memiliki keunikannya sendiri. Sesuai namanya, kamu akan disuguhi bebatuan berbentuk balok hampir di seluruh perbukitan. Batu tersebut telah melalui proses alam yang panjang. Formasi batuan tersebut terbentuk akibat luapan magma yang melalui kaki Gunung Rogojembangan. Bentuknya tidak biasa, dipengaruhi oleh zat kapur yang memisahkan magma dan proses pendinginannya cepat. Proses tersebut diperkirakan berlangsung sekitar 2 juta tahun lalu, ketika Gunung Rogojembangan (Petungkriyono) masih aktif. Meski sudah dilakukan penelitian dan pengkajian secara ilmiah, tentu berbeda dengan kisah leluhur yang dipercaya masyarakat setempat. Konon, batuan tersebut hendak di gunakan untuk membuat candi. Sehingga disebut Watu Bahan. Tidak hanya bukit berbatu yang unik dan telah di tumbuhi vegetasi, tapi juga terdapat air terjun di sana. Air Terjun Abadi yang tidak kering ketika musim kemarau sekalipun. Terletak di Desa Lemah Abang, Kecamatan Doro.
Wisata Air Tapak Menjangan
5 Wisata Alam di Kecamatan Doro-Pekalongan, Cocok untuk Healing nih!
Tapak Menjangan, salah satu wisata andalan yang ada di Kecamatan Doro. Aktivitas seru yang bisa kamu lakukan di sini, yakni river tubing. Apalagi di suguhi air jernih dan alamnya yang indah. Sebenarnya, aliran tersebut merupakan rangkaian sistem irigasi, berupa sungai, irigasi, dan bendungan. Namun, sejumlah titik jeram dan arusnya cukup deras memiliki manfaat tersendiri bagi warga setempat serta pengunjung. Gak heran, kalau warga setempat menjadikannya wisata air yang menarik. Berlokasi di Dusun Kasogunung, Desa Doro, Kecamatan Doro. Untuk kamu yang ingin mecoba river tubing cukup membayar tiket mulai Rp10 ribu saja per orang. Parkir mulai Rp2 ribu. Harga tersebut dapat berubah sewaktu-waktu. Pastikan kamu berkunjung di waktu yang tepat. Sebab, arus bisa lebih deras dan cukup berbahaya ketika curah hujan tinggi. Kadang, Wisata Air Tapak Menjangan pun di tutup pada musim penghujan.
Curug Bendo
5 Wisata Alam di Kecamatan Doro-Pekalongan, Cocok untuk Healing nih!
Kembali menyusuri wisata alam yang ada di Kecamatan Doro, ada Curug Bendo. Air terjun yang terletak di Dukuh Pakuluran, Desa Sidoharjo ini masih terbilang baru. Sehingga belum sepopuler destinasi wisata lainnya. Namun, justru udara dan air segar, kealamian masih terjaga, menjadikannya salah satu tempat alternatif untuk healing. Jika berkunjung ke sini, kamu pun turut membantu perekonomian masyarakat. Jangan lupa untuk menikmati kuliner lokal yang di jual oleh masyarakat setempat. Ada pula kopi khas Pakuluran dengan brand Kopi Gunung Pabuto. Menikmati hawa sejuk, keindahan alam, sambil menyeruput secangkir kopi, bikin rileks! Bekerja setiap hari mungkin saja akan membuatmu merasa bosan. Kebosanan tentu akan menghambat pekerjaan karena tidak banyak ide yang keluar untuk menyelesaikan pekerjaan. Inilah yang di sinyalir menyebabkan penurunan tingkat produktivitas. Gunakan hari liburmu untuk pergi keluar sejenak agar rasa bosan akibat rutinitas harian bisa menghilang. Sungguh ini adalah cara terbaik untuk kembali bekerja di hari Senin dengan tubuh dan pikiran yang lebih siap. Tubuh yang santai dan rileks akan membuat aliran tubuh semakin lancar. Hal ini sulit di dapatkan jika kamu terlalu sibuk dan lelah bekerja. Dengan pikiran yang tenang saat liburan akhir pekan, aliran darah yang terhambat bisa lancar. Jantung juga bisa lebih terjaga kesehatannya. Tentu ini baik bagi kesehatan tubuhmu secara keseluruhan.
Ternyata di satu kecamatan saja, kamu bisa menikmati beragam keindahan alam. Apalagi sebagaian besar merupakan wisata air, cocok nih untuk menyegarkan badan dan pikiran. Mana nih yang masuk bucket list-mu?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *