Deretan Wisata Air Terjun Memukau yang Terkenal di Malang

Deretan Wisata Air Terjun Memukau yang Terkenal di Malang

Deretan Wisata Air Terjun Memukau yang Terkenal di Malang - Air terjun, pasti sudah tidak asing lagi kan bagi kita? Namun, bagi yang belum pernah tahu air terjun tentu perlu untuk tahu. Air terjun merupakan sebuah formasi geologi dari arus air yang mengalir melalui sebuah formasi batuan yang mengalami macam-macam erosi dan jatuh dari ketinggian tertentu. Singkatnya, air terjun merupakan formasi aliran air yang jatuh dari ketinggian tertentu karena memang lintasan airnya yang demikian. Malang yang berada di wilayah Jawa Timur memang populer dengan beragam wisata alamnya yang memesona. Salah satunya yang mempunyai panorama tak terlupakan adalah beberapa air terjunnya. Wisata air terjun di wilayah Malang terkenal masih asri dengan panorama pepohonan yang menyejukkan mata.
Coban Glotak
5 Wisata Air Terjun Malang yang Cocok untuk Liburan, Bikin Fresh!
Air terjun pertama yang harus dikunjungi saat berada di Malang adalah Coban Glotak. Pada Air terjun menawan ini berada di Jalan Raya Coban Glothak, Dalisodo, Wagir, Malang. Dan Air terjun dengan satu aliran ini mempunyai daya tarik yang terletak pada ketinggiannya yang mencapai puluhan meter. Yang membuatnya semakin diburu oleh wisatawan adalah lokasinya yang berada di tengah hutan yang membuat panoramanya kian eksotis. Air terjun mempunyai perairan yang begitu jernih dan menyegarkan. Oleh karena hal tersebut banyak wisatawan yang tergoda untuk berenang. Selain itu, banyak pula pengunjung yang melakukan piknik di sekitar air terjun sambil menyaksikan keindahannya.
Coban Putri
5 Wisata Air Terjun Malang yang Cocok untuk Liburan, Bikin Fresh!
Selanjutnya air terjun yang tak bisa diabaikan adalah Coban Putri. Air terjun dengan panorama yang bisa menghipnotis ini berada di Oro-Oro Ombo, Batu, Batu, Jawa Timur. Coban Putri mempunyai aliran air yang begitu jernih dan deras, namun tetap aman bila memutuskan untuk bermain di bawahnya. Yang menjadi daya tarik utama pada air terjun ini adalah bahwa air terjun berjumlah tidak hanya satu, melainkan dua. Selain itu, dinding pada air terjun berupa batu berwarna cokelat. Terdapat banyak semak dan pepohonan hijau yang tumbuh di sekitar air terjun yang membuatnya makin memesona.
Coban Rondo
5 Wisata Air Terjun Malang yang Cocok untuk Liburan, Bikin Fresh!
Coban Rondo adalah air terjun yang berlokasi di Jalan Coban Rondo Krajan, Pujon, Malang, tepatnya terletak di area pegunungan yang berada di ketinggian 1.135 meter dpl. Air terjun dengan tinggi yang mencapai 84 meter ini telah memperoleh ketenarannya sejak puluhan tahun lalu dan mempunyai sumber air yang begitu jernih. Coban Rondo menjadi makin favorit karena udaranya yang sangat sejuk dan bersih karena belum tercemar polusi. Selain menikmati suasana alamnya yang begitu menenangkan, pengunjung juga dapat berkunjung ke kebun buah dan juga menyaksikan beragam satwa yang hidup di sana. Selain itu, berbagai kegiatan luar ruangan yang tak kalah seru adalah camping, outbond, flying fox, sepeda gunung, hingga menelusuri taman labirin.
Coban Sewu
5 Wisata Air Terjun Malang yang Cocok untuk Liburan, Bikin Fresh!
Coban Sewu berlokasi di Besukcukit, Sidorenggo, Ampelgading, Malang. Air terjun ini mempunyai banyak mata air sehingga mendapat julukan Tumpang Sewu. Air terjun dengan tinggi yang mencapai 180 meter ini memanjakan wisatawan dengan deretan air terjun yang membentuk lengkungan. Coban Sewu tampak begitu alami dan asri dengan tumbuhan-tumbuhan hijau di sekelilingnya yang tentu menambah keindahannya. Air terjun ini juga mempunyai air yang segar dan jernih. Pengunjung juga berkesempatan menyaksikan kemegahan air terjun yang juga dihiasi dengan pelangi.
Coban Parang Tejo
5 Wisata Air Terjun Malang yang Cocok untuk Liburan, Bikin Fresh!
Yang terakhir adalah Coban Parang Tejo yang terletak di Princi Gading Kulon, Godehan, Kucur, Dau, Malang. Coban ini berlokasi di tengah hutan yang masih terjaga kealamiannya, tepatnya di kaki Gunung Buthak. Untuk mencapai air terjun ini, pengunjung harus berjalan melalui hutan dan medan yang tidaklah mudah. Namun, semua usaha akan terbayar ketika melihat kemegahan air terjun yang begitu mengagumkan. Selain itu, pengunjung juga dapat menikmati wahana yang berupa ayunan yang akan menguji adrenalin dan tersedia banyak spot foto yang akan membuat foto-foto menjadi lebih keren. Malang memang memiliki banyak air terjun dengan panorama yang indah dan eksotis.  Kebanyakan air terjun tersebut masih alami sehingga sangat penting untuk dijaga kelestariannya.
Air terjun selain ada yang terbentuk secara alami, ada pula yang sengaja dibuat oleh manusia. Misalnya saja di taman kita sering melihat hiasan air yang mengalir ke bawah, nah itu adalah replika air terjun yang dibuat oleh manusia. Karena pemandangan yang disuguhkan air terjun sangat indah dan juga hawa yang dihasilkan begitu segar. Maka dari itulah banyak yang membuat replika air terjun. Lalu, bagaimanakah sebenarnya proses terbentuknya air terjun? Kita akan bahas selanjutnya. Seperti kenampakan alam lainnya yang ada asalnya, air terjun pun juga demikian. Pada dasarnya air terjun merupakan sungai atau badan air lainnya yang jatuh dari tebing berbatu menuju ke kolam terjun yang ada di bawahnya. Pergerakan air jatuh ini sebenarnya mengikuti hukum alamiah air yaitu mengalir dari tempat tinggi menuju ke tempat yang lebih rendah. Terus mengapa ada tebing? Tebing ini terbentuk karena peristiwa geologi Bumi. Nah, itulah sebabnya mengapa air terjun lebih banyak kita temukan di daerah pegunungan atau dataran tinggi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *