Deretan Pasar Tertua Dunia yang Sudah Ada Sejak Beratus Tahun Lalu

Deretan Pasar Tertua Dunia yang Sudah Ada Sejak Beratus Tahun Lalu

Deretan Pasar Tertua Dunia yang Sudah Ada Sejak Beratus Tahun Lalu - Pasar adalah salah satu dari berbagai sistem, institusi, prosedur, hubungan sosial  dan infrastruktur tempat usaha menjual barang, jasa, dan tenaga kerja untuk orang-orang dengan imbalan uang. Barang dan jasa yang dijual menggunakan alat pembayaran yang sah seperti uang fiat. Kegiatan ini merupakan bagian dari perekonomian. Pasar merupakan salah satu tempat bagi orang-orang berinteraksi untuk melakukan kegiatan ekonomi. Namun, pasar bukan hanya tentang jual-beli saja. Sebab pasar juga menjadi penanda jejak perkembangan sebuah daerah di tengah modernisasi yang terus berjalan. Tak hanya di Indonesia, pasar-pasar tradisional ternyata juga masih ada di luar negeri. Bahkan, sudah ada yang beroperasi sejak ratusan tahun lalu. Tentunya, sejarah panjang pasar tersebut menjadi daya tarik utama wisawatan mengunjunginya.
1. Grand Bazaar - Turki
Sudah Ada Sejak Ratusan Tahun Lalu, Ini 5 Pasar Tertua di Dunia
Menjadi salah satu pasar tertua dan terbesar di tanah Turki, Grand Bazaar sudah mulai beroperasi pada tahun 1461, yang kala itu dibangun atas perintah Raja Sultan Mahmed II. Pasar tersebut bahkan sudah menjadi ikon bagi negara Turki, tak lain dan tak bukan adalah karena segala aktivitas yang dilakukan oleh masyarakat Istanbul selalu melekat dengan Grand Bazaar. Setiap harinya, pasar yang memiliki lebih dari 4.000 toko dan dibangun di atas lahan seluas 3 hektar ini selalu dipenuhi oleh ratusan ribu orang. Tidak hanya masyarakat Istanbul, tetapi juga wisawatan domestik maupun mancanegara yang berburu souvenir khas Turki untuk dijadikan oleh-oleh.
2. Campo de Fiori Market - Italia
Sudah Ada Sejak Ratusan Tahun Lalu, Ini 5 Pasar Tertua di Dunia
Campo de Fiori Market merupakan pasar paling terkenal yang ada di ibu kota Italia, Roma yang menjual aneka buah-buahan serta sayuran. Pasar ini sebelumnya berada di Piazza Navona, kemudian pada tahun 1869 dipindahkan ke kawasan Plaza Campo de Fiori. Di pasar ini, kamu bisa menyaksikan kegiatan tawar menawar seperti kebanyakan pasar tradisional di Indonesia. Ya, memang pasar Campo de Fiori merupakan gambaran penduduk Roma zaman dahulu yang masih bertahan meskipun modernisasi sudah menguasai negara Italia.
3. Easton Farmer's Market - Amerika Serikat
Sudah Ada Sejak Ratusan Tahun Lalu, Ini 5 Pasar Tertua di Dunia
Berdiri sejak 1752, Easton Farmer's Market yang ada di negara bagian Pennsylvania, Amerika Serikat ini bisa di katakan sebagai pasar yang "tak pernah tidur". Hal tersebut karena pasar ini selalu ramai di kunjungi wisatawan dari setiap saat. Easton Farmer's Market menyediakan berbagai sayuran dan buah-buahan yang di tanam langsung oleh petani lokal, sehingga produknya masih segar serta memiliki harga yang terjangkau. Selain itu, monumen deklarasi kemerdekaan AS di belakangnya juga menjadi daya tarik tersendiri bagi para pengunjung yang datang.
4. Borough Market - Inggris
Sudah Ada Sejak Ratusan Tahun Lalu, Ini 5 Pasar Tertua di Dunia
Jika kamu pergi ke London, kamu akan menemukan sebuah pasar besar yang menjual segala bahan-bahan pokok dengan lengkap, yaitu Borough MarketBrought Market sendiri sudah beroperasi sejak pertengahan abad ke-15. Dalam sejarahnya, pasar ini pernah melewati berbagai bencana seperti kebakaran yang membuatnya berhenti beroperasi selama beberapa tahun. Saat ini, kamu bisa menemukan Borough Market di selatan Katedral Southwark, tepat berada di antara Southwark Street dan Borough High Street.
5. Queen Victoria Market - Australia
Sudah Ada Sejak Ratusan Tahun Lalu, Ini 5 Pasar Tertua di Dunia
Queen Victoria Market di kenal sebagai pasar terbesar dan tertua di Australia, yaitu di buka pada tahun 1878 sebagai pasar buah dan sayuran. Namun, seiring berjalannya waktu dan banyaknya pengunjung yang datang dari berbagai penjuru dunia. Sekarang kamu bisa menemukan berbagai souvenir khas Negeri Kangguru di pasar tersebut. Memiliki luas total 17 hektar, pasar ini memiliki banyak sejarah yang penuh kontroversi. Sempat beralih fungsi menjadi lembaga pemasyarakatan wanita, konon pasar tersebut dahulunya malah merupakan situs pemakanan. Cukup menakutkan bukan? Pasar-pasar di atas tentunya memiliki sejarah yang panjang di mana dalam perkembangan dunia menuju era modernisasi. Pasar-pasar tersebut tetap menjalankan fungsinya di tengah banyaknya dan menjamurnya pasar online. Luar biasa! Ini adalah pengaturan yang memungkinkan pembeli dan penjual untuk item pertukaran. Persaingan sangat penting dalam pasar dan memisahkan pasar dari perdagangan. Dua orang mungkin melakukan perdagangan, tetapi di butuhkan setidaknya tiga orang untuk memiliki pasar. Sehingga ada persaingan pada setidaknya satu dari dua belah pihak. Pasar bervariasi dalam ukuran, jangkauan, skala geografis, lokasi jenis dan berbagai komunitas manusia, serta jenis barang dan jasa yang di perdagangkan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *