Berikut Adalah Fakta Proud Boys Sebagai Organisasi Ekstremis

Berikut Adalah Fakta Proud Boys Sebagai Organisasi Ekstremis

Berikut Adalah Fakta Proud Boys Sebagai Organisasi Ekstremis - Proud Boys adalah sebuah organisasi neo-fasis sayap kanan jauh yang hanya di khususkan untuk laki-laki dan mempromosikan kekerasan politik. Organisasi tersebut berbasis di Amerika Serikat dan memiliki cabang di Kanada,  Australia, dan Britania Raya. Kelompok tersebut dibentuk pada 2016 oleh salah satu pendiri Vice Media dan mantan komentator Gavin McInnes, yang mengambil nama kelompok tersebut dari judul lagu "Proud of Your Boy" dari film Disney Aladdin. Proud Boys dijadikan sebagai bagian dari alt-right. Namun pada awal 2017, McInnes mulai menjauhkan diri dari alt-right, dengan alasan Login IDN Poker77 bahwa fokus alt-right adalah ras sementara fokusnya adalah apa yang ia sebut sebagai "nilai-nilai Barat". Upaya perombakan tersebut dilakukan usai Unite the Right Rally. Gejolak di Amerika Serikat pasca-Pilpres 2016 menyebabkan pergesekan sosial yang tinggi di lapisan masyarakatnya.
1. Kelompok anti-imigran dan musuh bebuyutan ANTIFA
Fakta-Fakta Proud Boys, Ekstremis Sayap Kanan AS yang Antiimigran
Proud Boys di dirikan dengan maksud yang sangat jelas yaitu sebagai tameng bagi pemegang paham ultranasionalis, tradisionalis, dan antiimigran. Tidak hanya itu, Proud Boys yang memang mengagungkan kemurnian AS sebagai negara kristiniani, secara terang-terangan bermusuhan dengan agama lainnya, baik Islam maupun Yahudi. Di kutip dari BBC, Proud Boys juga menolak keras semua paham-paham "kiri" yang mereka anggap melunturkan identitas AS sebagai negara yang berdaulat. Salah satu yang mereka tolak adalah kebijakan membuka pintu bagi imigran dalam jumlah besar dan mengizinkan agama non-Kristen untuk berkembang luas. Sikap ultranasionalis Proud Boys yang tidak segan melibatkan kekerasan. Cara mereka menjustifikasi pahamnya ini, membuat Proud Boys memiliki banyak musuh, khususnya kelompok sayap kiri. Organisasi Anti-Facist atau yang sering di kenal ANTIFA menjadi kelompok ekstremis sayap kiri AS yang terus berbaku hantam dengan Proud Boys. Permusuhan antar keduanya sering kali menyebabkan kerusuhan hebat. Apalagi, pemerintah federal AS belum dapat bertindak terlalu jauh. Hal ini di sebabkan Washington masih melabeli keberadaan mereka sebagai organisasi masyarakat yang di lindungi hukum dan konstitusi AS.
2. Pendukung garis keras Donald Trump
Fakta-Fakta Proud Boys, Ekstremis Sayap Kanan AS yang Antiimigran
Mereka juga menjadi kelompok sayap kanan pendukung Donald Trump yang "paling keras". Berkat terpilihnya Trump sebagai Presiden AS pada 2016, Proud Boys berhasil menjaga eksistensinya dengan kuat hingga hari ini, meski Trump sudah lengser dari Gedung Putih. Donald Trump yang merupakan tokoh nasionalis dan memiliki sentimen positif terhadap kelompok sayap kanan. Hal ini membuat dirinya mendapat dukungan kuat dari organisasi sayap kanan di seluruh AS, tidak terkecuali Proud Boys. Melansir Southern Poverty Law Center, selama masa kepresidenan Trump, Proud Boys tidak pernah berhenti menyuarakan dukungan mereka. Trump di nilai berusaha menasionalisasi Amerika Serikat dengan program-program legendarisnya, seperti America First. Proud Boys juga tidak akan tinggal diam ketika terdapat demonstrasi anti-Trump, termasuk gerakan Black Lives Matter yang marak selama masa jabatan Presiden Donald Trump. Kerusuhan, pemukulan, hingga penembakan terhadap kelompok anti-Trump merupakan keseharian Proud Boys yang saat itu tengah menjaga kewibawaan presiden pilihan mereka.
3. Di cap sebagai kelompok teroris oleh Kanada
Fakta-Fakta Proud Boys, Ekstremis Sayap Kanan AS yang Antiimigran
Tak hanya mengkhawatirkan masyarakat AS, keberadaan Proud Boys ternyata juga membuat pemerintah Kanada gerah. Tidak tanggung-tanggung, Kanada melabeli organisasi tersebut sebagai kelompok teroris pada 4 Februari 2021. Berbatasan langsung dengan Amerika Serikat. Kanada terlihat waswas ketika Proud Boys dapat dengan mudah menyulut kerusuhan di AS. Hingga terlibat dalam penyerangan Gedung Capitol Hill awal Januari lalu. Walaupun Organisasi Proud Boys di Kanada hanya berkisar 1.000 sampai 1.500 anggota dan tidak pernah terlibat dalam berbagai bentuk kerusuhan, namun pemerintah Kanada memastikan Proud Boys sudah memenuhi kriteria sebagai kelompok teroris yang berbahaya, seperti yang di lansir AP. Resmi sebagai organisasi terlarang di Kanada. Semua masyarat di larang membeli ataupun mencetak perlengkapan. Yang identik dengan Proud Boys, baik dalam bentuk bendera maupun kaos. Meski demikian pemerintah Kanada masih memberikan keringanan dan tidak membuat mereka di penjara,. Namun, apabila di kemudian hari mereka terlibat dalam aksi kekerasan yang berafliasi dengan Proud Boys, Kanada langsung mengganjar mereka dengan hukuman setara dengan aksi terorisme. Sebagai negara yang terkenal sebagai liberal, AS memberikan kesempatan bagi setiap orang berekspresi dengan bebas. Termasuk mendirikan kelompok sayap kiri hingga kanan ekstremis. Kondisi sempurna tersebut melahirkan sebuah organisasi sayap kanan yang di kenal sebagai Proud Boys lahir pada 2016. Kelompok ini di dirikan oleh seorang aktivis sayap kanan, Gavin McInnes, yang merupakan mantan co-founder Vice News. Proud Boys menjadi salah satu instrumen kelompok sayap kanan AS dalam menyebarluaskan paham ultranasionalis.  

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *