Beberapa Destinasi Wisata Korea yang Mempesona di Yeongju

Beberapa Destinasi Wisata Korea yang Mempesona di Yeongju

Beberapa Destinasi Wisata Korea yang Mempesona di Yeongju - Republik Korea atau biasa dikenal sebagai Korea Selatan adalah sebuah negara di Asia Timur yang meliputi bagian selatan Semenanjung Korea. Di sebelah utara, Republik Korea berbataskan Korea Utara, di mana keduanya bersatu sebagai sebuah negara hingga tahun 1948. Yeongju atau Yeongju-si adalah wilayah setingkat kota madya di utara Provinsi Gyeongsangbuk. Kota seluas 668 kilometer persegi ini berbatasan dengan Bonghwa di bagian timur, Danyang di bagian barat, Andong dan Yecheon di bagian selatan, dan Yeongwol di bagian utara. Yeongju di kenal punya banyak wisata sejarah, sehingga tak heran beberapa tempat di sana kerap muncul dalam drama Korea sageuk atau bertema kerajaan. Berikut tempat wisata ala drama Korea yang ada di Yeongju, Korea Selatan!
1. Sosuseowon Confucian Academy
5 Tempat Wisata ala KDrama di Yeongju, Muncul dalam Drama Sageuk!
Sosuseowon Confucian Academy di dirikan pada 1542 sebagai sekolah persiapan bagi anak-anak dari kelas bangsawan Dinasti Joseon untuk ujian pegawai negeri sipil. Semula, namanya adalah Baekundong Seowon, kemudian di ganti menjadi nama sekarang oleh Raja Myeongjong pada 1550. Tempat ini di tetapkan sebagai Situs Bersejarah Korea Selatan No.55 dan juga Situs Warisan Dunia UNESCO sejak 2019, lho. Museum Sosu yang berada di komplek ini menyimpan dan mengelola barang-barang yang berhubungan dengan Konfusianisme. Sosuseowon Confucian Academy pernah jadi lokasi syuting drama The Slave Hunters (2010). Selain itu, tempat ini muncul dalam drama Moonlight Drawn By Clouds (2016), Rookie Historian Goo Hae Ryung (2019), dan yang terbaru The King's Affection (2021).
2. Seonbichon Village
5 Tempat Wisata ala KDrama di Yeongju, Muncul dalam Drama Sageuk!
Tepat di sebelah Sosuseowon Confucian Academy ada desa yang di kenal sebagai tempat lahirnya Konfusianisme Korea, yaitu Seonbichon Village. Di desa ini terdapat 15 kantor pemerintah tua dan rumah ubin, 13 rumah jerami, satu paviliun, dan kuil Seonangdang. Pengunjung yang datang ke desa ini bisa mengikuti berbagai kegiatan, mulai dari menumbuk kue beras, menggantung lampion harapan, menghadiri upacara pernikahan tradisional, bermain aneka ragam permainan rakyat, menikmati berbagai santapan tradisional, hingga menginap di hanok. Wah, seru banget ya? Seonbichon Village pernah menjadi lokasi syuting drama The Slave Hunters (2010), Rookie Historian Goo Hae Ryung (2019), Lovers of the Red Sky (2021), dan The King's Affection (2021). Kemunculan perdana desa ini dalam drama The Slave Hunters rupanya berhasil menaikkan jumlah pengunjung, lho.
3. Yeongju Museom Village
5 Tempat Wisata ala KDrama di Yeongju, Muncul dalam Drama Sageuk!
Satu lagi desa tradisional di Yeongju yang kerap di gunakan sebagai tempat syuting KDrama sageuk, yaitu Yeongju Museom Village. Desa ini muncul dalam drama Love Rain (2012), Flowers of the Prison (2016), 100 Days My Prince (2018), My Country (2019), dan The Tale of Nokdu (2019). Berlokasi di Desa Sudo, 238-2 Museom-ro, Munsu-myeon, Yeongju, desa ini di dirikan pada 1666 oleh Park Su dan Kim Dae. Kota ini di jadikan tempat perlindungan bagi cendekiawan dari zaman Seonbi, Goryeo dan Joseon yang telah meninggalkan posisi sosial mereka untuk fokus pada pendidikan dan kesederhanaan. Selain rumah hanok, di desa ini juga terdapat jembatan kayu lajur tunggal yang menjadi satu-satunya akses menuju desa tersebut selama 350 tahun hingga 1979. Pada bulan Oktober, setiap tahunnya di adakan Festival Oenamu Dari untuk merayakan sejarah jembatan tersebut.
4. Buseoksa Temple
5 Tempat Wisata ala KDrama di Yeongju, Muncul dalam Drama Sageuk!
Masih ingat dengan Fairy Cafe di atas bukit Gyeryeong yang muncul dalam drama Mama Fairy and Woodcutter (2018)? Pada episode pertama, Jung Yi Hyun (Yoon Hyun Min) dan Kim Geum (Seo Ji Hoon) tersesat, lalu menemukan kedai ini. Keduanya pun bertemu dengan pemilik kedai, yaitu Seon Ok Nam (Ko Du Shim/Moon Chae Won). Dalam kehidupan nyata, bangunan tersebut sebenarnya adalah bagian dari Kuil Buseoksa. Kuil ini di dirikan oleh seorang biksu sekaligus cendekiawan terkemuka, Uisang pada 676 dan telah terdaftar sebagai Situs Warisan Dunia UNESCO.
5. Yeongju Station
5 Tempat Wisata ala KDrama di Yeongju, Muncul dalam Drama Sageuk!
Dalam drama Train pada 2020 lalu, Yeongju Station di gambarkan sebagai Mugyeong Station yang berada pada alternate universe. Seo Do Won (Yoon Si Yoon) melakukan perjalanan waktu antar dunia atau universe di stasiun ini dengan kereta 8210. Yeongju Station merupakan stasiun kereta api di sepanjang Jalur Jungang, Jalur Yeongdong, dan Jalur Gyeongbuk, yang di buka pada 1941. Stasiun yang di operasikan oleh Korail ini memiliki tiga platform dan lima lajur. Wah, seru banget tempat-tempatnya, ya? Jika ada kesempatan jalan-jalan ke beberapa tempat di atas, tentunya kita tidak hanya sekadar liburan menikmati suasana dan pemandangan, namun juga mendapatkan pengalaman yang sangat berarti. Republik Korea (bahasa Korea: Daehan Minguk (Hangul: 대한민국; Hanja: 大韓民國); bahasa Inggris: Republic of Korea/ROK) atau biasa di kenal sebagai Korea Selatan adalah sebuah negara di Asia Timur yang meliputi bagian selatan Semenanjung Korea. Di sebelah utara, Republik Korea berbataskan Korea Utara, di mana keduanya bersatu sebagai sebuah negara hingga tahun 1948. Laut Kuning di sebelah barat, Jepang berada di seberang Laut Jepang (di sebut "Laut Timur" oleh orang-orang Korea) dan Selat Korea berada di bagian tenggara. Penemuan arkeologis menunjukkan bahwa Semenanjung Korea telah di diami sejak Zaman Paleolitikum Awal. Sejarah Korea di mulai dari pembentukan  Gojoseon pada 2333 SM. oleh Dan-gun. Setelah unifikasi Tiga Kerajaan Korea di bawah Silla pada 668 M, Korea menjadi satu di bawah Dinasti Goryeo dan Dinasti Joseon hingga akhir Kekaisaran Han Raya pada 1910 karena di aneksasi oleh Jepang. Setelah liberalisasi dan pendudukan oleh Uni Soviet dan Amerika Serikat pada akhir Perang Dunia II, Wilayah Korea akhirnya di bagi menjadi Korea Utara dan Korea Selatan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *